Gara-Gara Cristiano Ronaldo, Sir Alex Ferguson Tinggalkan Pemain Manchester United di Parkiran Stadion

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 45 2428933 gara-gara-cristiano-ronaldo-sir-alex-ferguson-tinggalkan-pemain-mancheter-united-di-parkiran-stadion-HfSUrFtufw.jpg Cristiano Ronaldo saat membela Manchester United. (Foto: REUTERS)

MANCHESTER – Mantan pemain Manchester United, Nicky Butt, menceritakan hal yang belum diketahui banyak orang. Nicky Butt mengaku, ia dan pemain Manchester United lainnya sempat ditelantarkan sang pelatih, Sir Alex Ferguson, di parkiran stadion gara-gara Cristiano Ronaldo.

Lantas, apa penyebabnya? Pada 6 Agustus 2003, skuad Manchester United melakoni laga uji coba kontra klub asal Portugal, Sporting Lisbon, di Estadio Jose Alvalade.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo saat membela Sporting Lisbon)

Saat itu, skuad Manchester United tak dalam kondisi bugar karena baru saja menjalani serangkaian pertandingan di Amerika Serikat (kala itu Manchester United menyapu bersih empat pertandingan dengan kemenangan). Alhasil, pelatih Sir Alex Ferguson tidak dapat menurunkan seluruh pemain terbaiknya.

Karena itu, Sir Alex Ferguson hanya menurunkan sejumlah pemain utama seperti Fabien Barthez, Mikael Silvestre, John O’Shea, Rio Ferdinand, Nicky Butt dan Ole Gunnar Solskjaer.

Keputusan di atas ternyata memberikan hasil buruk bagi Manchester United. The Red Devils tumbang 1-3 dari Sporting Lisbon lewat gol-gol yang dilesakkan Luis Felipe di menit ke-26 dan Joao Pinto (62’ dan 81’). Hanya saja bukan Luis Felipe dan Joao Pinto yang menarik perhatian saat itu, melainkan remaja 18 tahun bernama Cristiano Ronaldo.

Beroperasi sebagai winger kiri, pergerakan Cristiano Ronaldo benar-benar mematikan. Bahkan Cristiano Ronaldo membuat fullback kanan Man United, O’Shea sesak napas karena harus meladeni kecepatan pemain yang kala itu mengenakan nomor punggung 28 tersebut.

BACA JUGA: Mengejutkan! Demi Duetkan Cristiano Ronaldo dan Messi, Barcelona Berikan 3 Pemain ke Juventus

Kelar pertandingan, Ferguson dan CEO Manchester United saat itu David Gill, langsung menemui manajemen Sporting Lisbon. Hal itu dimaksudkan supaya Manchester United bisa mendaratkan Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim panas 2003.

“Kami (para pemain) membuat alasan setelah pertandingan. Itu adalah pertandingan yang memalukan dan kami duduk menunggu pelatih sekira tiga jam,” kata Butt mengutip dari Daily Star, Selasa (22/6/2021).

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo bersama Sir Alex Ferguson)

“Para pemain kesal karena kami hanya ingin pulang. Akan tetapi, ternyata pelatih dan David Gill masih berada di stadion untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo,” lanjut David Gill.

Selang lima hari setelah laga tersebut, Cristiano Ronaldo diboyong Manchester United seharga 19 juta euro (Rp326,2 miliar). Singkat kata, Cristiano Ronaldo tumbuh sebagai pemain bintang Manchester United dengan mengoleksi 118 gol dan 69 assist dari 292 pertandingan di semua kompetisi.

Selama enam musim (2003-2009) membela Manchester United, Cristiano Ronaldo menghadirkan tiga trofi Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions bagi publik Old Trafford. Sekarang, nama Cristiano Ronaldo kembali dikait-kaitkan dengan Manchester United. Akankah Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2021?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini