Medioker, Timnas Inggris Tak Akan Juara Piala Eropa 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 51 2427572 medioker-timnas-inggris-tak-akan-juara-piala-eropa-2020-LPaBWNsuKr.jpg Harry Kane (Foto: Reuters)

LONDON – Legenda Skotlandia, Greame Souness, mengejek Tim Nasional (Timnas) Inggris. Sebab, The Three Lions -julukan Timnas Inggris gagal mengalahkan Skotlandia pada matchday kedua Grup D Piala Eropa 2020.

Timnas Inggris melawan Skotlandia di Stadion Wembley, London, Sabtu (19/6/2021), dini hari WIB. Meski mendominasi penguasaan bola, Timnas Inggris kesulitan untuk menembus pertahanan Skotlandia.

Phil Foden dan Harry Kane (Foto: Reuters)

Timnas Inggris memiliki penguasaan bola hingga 61 persen, sedangkan Skotlandia hanya 39 persen. Skotlandia lebih banyak menunggu dan mengandalkan serangan balik.

Meski begitu, Skotlandia cukup merepotkan Timnas Inggris. Pertahanan kukuh dan serangan balik cepat Skotlandia beberapa kali mengancam gawang Timnas Inggris.

BACA JUGA: Imbang dengan Skotlandia di Piala Eropa 2020, Timnas Inggris Frustrasi

Saat buntu, Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memasukkan Jack Grealish untuk menggantikan Phil Foden pada menit ke-63. Selang 13 menit, giliran Kane yang digantikan Marcus Rashford.

Namun, Timnas Inggris tetap tidak berkutik sehingga pertandingan berakhir dengan skor kacamata. Sementara itu, Skotlandia membawa pulang poin berharga dari kandang Timnas Inggris.

Pertandingan kontra Skotlandia membuat Timnas Inggris panen kritik, salah satunya dari Souness. Dia tidak paham alasan Southgate menarik keluar Kane yang merupakan penyerang paling tajam Timnas Inggris saat ini. Sekadar informasi, Kane berperan besar saat Timnas Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018.

Souness pun menyebut slogan “football’s coming home” tidak jadi kenyataan di Piala Eropa 2020. Bagi pria Skotlandia itu, permainan Timnas Inggris tidak mencerminkan tim yang akan menjuarai sebuah turnamen besar.

Timnas Inggris (Foto: Reuters)

“Harry (Kane) adalah satu-satunya pemain Inggris yang terbukti mencetak gol di level ini secara reguler. Jika itu tidak terjadi dalam kompetisi ini, Anda tidak akan melangkah terlalu jauh,” kata Souness, dikutip dari Standard, Sabtu (19/6/2021).

“Kembali ke Piala Dunia di Rusia, gol-golnya membawa Anda ke tempat yang Anda tuju. Harry Kane tidak tampil (bagus) adalah masalah besar bagi Anda. Sepakbola tidak pulang dengan itu, tidak dengan cara mereka bermain,” tuturnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini