5 Nomor Punggung Spesial di Dunia Sepakbola, Mana Paling Unik?

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 51 2426319 5-nomor-punggung-spesial-di-dunia-sepakbola-mana-paling-unik-ATusScf9ZI.jpg David Beckham (Foto: Facebook Real Madrid)

NOMOR punggung spesial acap kali menghiasi sejarah sepakbola dunia. Beberapa nomor punggung memang terasa spesial bagi pemain karena memiliki makna mendalam bagi sang pemakainya.

Sepanjang sejarah sepakbola, memang cukup banyak cerita unik mengenai nomor punggung pemain. Kini Okezone pun coba membeberkan lima nomor punggung spesial yang pernah hadir dalam sejarah sepakbola.

Berikut lima nomor punggung spsesial di dunia sepakbola:

5. Rogeri Ceni (Nomor 618)

Rogerio Ceni

Bagi Anda pecinta sepakbola Brasil, nama Rogerio Ceni memang tidak terdengar asing. Pasalnya Ceni memang dikenal sebagai penjaga gawang mumpuni, serta memiliki rekor lebih dari 100 gol melalui eksekusi tendangan bebas.

Pada sebuah kesempatan Ceni sempat menggenakan nomor punggung 618. Hal itu terjadi saat Ceni tampil bersama Sao Paolo di laga kontra Atletico Minieiro untuk memperingati jumlah pertandingan yang sudah dilaluinya.

4. Bixente Lizarazu (Nomor 69)

Bixente Lizarazu

Nama fullback kiri legendaris Prancis, Bixente Lizarazu, juga memiliki cerita unik dengan nomor punggung. Lizarazu memang sempat lama menggenakan nomor punggung 69. Meski sempat diprotes federasi sepakbola Jerman karena disangka mengandung unsur pornografi.

Akan tetapi federasi sepakbola Jerman akhirnya melunak setelah mengetahui alasan Lizarazu menggunakan nomor 69. Alasannya adalah Lizarazu lahir di tahun 1969, dan memiliki tinggi badan 169 cm.

3. Luis Ronaldo (Nomor 99)

Luis Ronaldo

Jauh sebelum Gianluigi Donnarumma menggenakan nomor punggung 99 di AC Milan, nomor tersebut pernah dikenakan oleh Ronaldo. Alasan Ronaldo memilih menggunakan nomor tersebut lantaran nomor 9 yang identik dengan dirinya sudah dimiliki oleh Filippo Inzaghi.

Tidak ingin lepas dari angka 9, Ronaldo pun akhirnya menggenakan nomor punggung 99 selama membela Milan. Namun perjalanan karier Ronaldo di Stadio San Siro sendiri tak berlangsung lama, sebelum akhirnya sang legenda memilih pulang kampung untuk membela tim kota kelahirannya.

2. Andriy Shevchenko (Nomor 76)

Andriy Shevchenko

Bagi Anda yang sudah mengikuti perjalanan karier Shevchenko kala masih aktif sebagai pesepakbola profesional, nomor yang identik dengan dirinya adalah tujuh. Nomor tersebut begitu melekat dengan Sheva –sapaan Shevchenko– kala membela Milan, Chelsea, hingga Timnas Ukraina.

Akan tetapi, Shevchenko ternyata sempat mengenakan nomor tak biasa, yakni 76. Hal tersebut terjadi kala Shevchenko memutuskan kembali setelah karier yang flop bersama Milan. Alasan Shevchenko memilih nomor itu karena dirinya lahir di tahun 1976.

1. David Beckham (Nomor 23)

David Beckham

Sebelum bergabung dengan Real Madrid, David Beckham memang sangat identik dengan nomor punggung tujuh. Nomor tersebut melekat pada diri Beckham kala dirinya membela Manchester United dan Timnas Inggris.

Akan tetapi karena di Madrid nomor tujuh sudah dimiliki oleh Raul Gonzalez, maka Beckham pun memutuskan untuk mengalah dan memilih nomor 23. Alasan Beckham menggunakan nomor ini karena terinspirasi pada legenda bakset asal Amerika Serikat, Michael Jordan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini