Bikin Coca-Cola Rugi Rp57 Triliun di Piala Eropa 2020, Cristiano Ronaldo Bisa Kena Hukuman

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 51 2426269 bikin-coca-cola-rugi-rp57-triliun-di-piala-eropa-2020-cristiano-ronaldo-bisa-kena-hukuman-YllK4TLSBA.jpg Cristiano Ronaldo bisa kena hukuman gara-gara aksinya di konferensi pers jelang laga Hungaria vs Portugal. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

BUDAPEST Cristiano Ronaldo bisa terkena hukuman, imbas aksinya yang menyingkirkan dua botol kaca Coca-Cola di konferensi pers jelang laga Hungaria vs Portugal. Menurut Pengacara dan Konsultan Hukum Olahraga asal Brasil, Marcel Belfiore, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) memang tak bisa memberikan hukuman langsung kepada Cristiano Ronaldo.

Nantinya, UEFA akan memberi hukuman kepada Federasi Sepakbola Portugal (FPF) atas tindakan yang dilakukan Cristiano Ronaldo. Dari situlah, FPF bisa mengambil tindakan memberi hukuman kepada Cristiano Ronaldo atau tidak.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

“Paket peraturan UEFA yang mencakup peraturan khusus untuk menangani masalah komersial, mengasumsikan bahwa entitas tersebut adalah pemilik eksklusif semua hak komersial dan media atas kompetisi,” buka Marcel Belfiore, mengutip dari UOL, Rabu (16/6/2021).

“Dalam konteks ini, serangkaian persyaratan wajib dipatuhi asosiasi yag berpartisipasi dalam turunamen, dan juga anggotanya masing-masing (pemain, pelatih dan direktur). Hal itu bertujuan untuk menjaga integritas perjanjian komersial mereka,” lanjut Belfiore.

“Dalam kasus ini (Ronaldo), UEFA akan mempertimbangkan menjatuhkan sanksi kepada Asosiasi (Portugal). Setelah itu, FPF dapat mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi kepada pemain Portugal tersebut,” ujar Belfiore.

BACA JUGA: Viral! Petugas Keamanan Piala Eropa 2020 Kejar Cristiano Ronaldo untuk Cek ID Card, Tanda Tak Percaya?

Sebelumnya, pada Minggu 13 Juni 2021 malam WIB, Cristiano Ronaldo hadir di sesi konferensi pers jelang laga Hungaria vs Portugal di matchday pertama Grup F Piala Eropa 2020. Sebelum memulai sesi konferensi pers, Cristiano Ronaldo dihadapkan dengan tiga botol yang ada di depannya, yakni satu botol air mineral dan dua botol minuman bersoda.

Namun, karena Cristiano Ronaldo tidak menyukai minuman bersoda, ia pun menyingkirkan dua botol tersebut yang notabene sponsor utama Piala Eropa 2020!

Cristiano Ronaldo

Tak lama setelah itu, Cristiano Ronaldo mengangkat satu botol lainnya (air mineral) sambil berteriak “minum air”. Akibat aksi Cristiano Ronaldo di atas, saham produk sponsor Piala Eropa 2020 yang disingkirkan CR7 melorot USD4 miliar atau setara Rp57 triliun!

Uniknya dua hari berselang, ada pemain lain yang mengikuti aksi Cristiano Ronaldo. Sosok yang dimaksud adalah gelandang Timnas Prancis, Paul Pogba.

Paul Pogba

Saat menghadiri sesi konferensi pers kelar laga Prancis vs Jerman, Paul Pogba dihadapkan dengan empat jenis minuman. Sebut saja air mineral, Coca-Cola, Coca-Cola Zero dan bir Heineken.

Tak nyaman ada bir di hadapannya, Paul Pogba langsung menyingkirkan minuman beralkohol tersebut dari hadapannya. Jika Cristiano Ronaldo terkena hukuman, apakah Paul Pogba juga mendapat ganjaran serupa?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini