Hasil Piala Eropa 2020: Sterling Bawa Inggris Taklukkan Kroasia 1-0

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 51 2424536 hasil-piala-eropa-2020-sterling-bawa-inggris-taklukkan-kroasia-1-0-nhJZIJPjbv.jpg Timnas Inggris vs Timnas Kroasia. (Foto: Reuters)

LONDON Timnas Inggris sukses menumbangkan Kroasia dalam laga perdana Grup D Piala Eropa 2020. Laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Minggu (13/6/2021) malam WIB itu berakhir dengan kemenangan The Three Lions -julukan Inggris- dengan skor 1-0.

Raheem Sterling bertindak sebagai pahlawan kemenangan Inggris dalam laga ini. Berkat golnya di menit ke-57, tim besutan Gareth Southgate itu berhasil mengamankan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tampil di harapan publiknya, Inggris bisa langsung memberi ancaman berarti kepada Kroasia di menit-menit awal laga. Salah satunya datang dari Phil Foden di menit keenam. Memanfaatkan umpan dari Raheem Sterling, Foden melanjutkannya dengan tendangan keras ke gawang Kroasia. Sayang, tendangan penggawa Manchester City itu masih membentur tiang.

Tak tinggal diam, Kroasia juga berusaha membangun serangan. Peluang emas pun didapat lewat aksi Ante Rebic, hanya semenit berselang dari ancaman Foden. Sayangnya, tembakan dari jarak jauh yang dilepaskan Rebic masih bisa diantisipasi Jordan Pickford.

Timnas Inggris vs Kroasia

Inggris mencoba lagi peruntungannya di menit ke-26. Kali ini, giliran Sterling yang mencoba memanfaatkan peluang dengan melepaskan tembakan di luar kotak penalti Kroasia. Sayang, tendangannya masih melebar dari gawang.

BACA JUGA: Christian Eriksen Alami Insiden di Piala Eropa 2020, Pangeran William Sampaikan Dukungan

Kemelut terjadi di menit ke-42. Wasit pun memberi Caleta-Car kartu kuning karena pelanggaran yang dilakukan. Pelanggaran ini membuahkan tendangan bebas untuk Inggris. Kieran Trippier pun ditunjuk menjadi eksekutor. Sayangnya, tendangan masih belum bisa membuat bola bersarang ke gawang Kroasia. Skor 0-0 pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Usai turun minum, Kroasia berusaha menunjukkan kinerja yang lebih impresif. Mereka pun berhasil menghadirkan sejumlah ancaman di awal laga, tetapi seluruhnya berhasil diantisipasi dengan baik oleh Pickford.

Alih-alih mencetak gol, Kroasia justru kebobolan. Di menit ke-57, Inggris membuka keunggulannya lewat aksi Sterling. Gol bermula dari aksi Kalvin Phillips yang berhasil melewati pengawalan dua pemain Kroasia.

Timnas Inggris vs Kroasia

Phillips kemudian memberi bola ke arah Sterling yang sudah berada di tengah gawang Kroasia. Sterling pun langsung menembakkan bola yang tak bisa dibendung oleh para pemain Kroasia. Bola melesak ke gawang Kroasia hingga menghasilkan angka pertama untuk Inggris. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal satu gol, Kroasia berusaha mengejar. Tetapi sayang, belum ada serangan yang benar-benar menguji Pickford, termasuk sundulan Rebic di menit ke-72 usai menyambut umpan silang Vrsaljko. Kesucian gawang Pickford terus terjaga hingga akhir laga.

Susunan Pemain Timnas Inggris vs Timnas Kroasia:

Timnas Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Tyrone Mings, Kieran Trippier; Kalvin Phillips, Declan Rice; Raheem Sterling, Mason Mount, Phil Foden; Harry Kane.

Cadangan: Jordan Henderson, John Stone, Luke Shaw, Jack Grealish, Jordan Henderson, Marcus Rashford, Conor Coady, Dominic Calvert-Lewin, Ben White, Reece James, Bukayoko Saka, Jude Bellingham

Timnas Kroasia (4-1-4-1): Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Josko Gvardiol; Marcelo Brozovic; Andrej Kramaric, Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic; Ante Rebic.

Cadangan: Nikola Kalinic, Simon Sluga, Josip Brekalo, Nikola Vlasic, Ante Budimir, Mario Pasalic, Mile Skoric, Milan Badelj, Vladimir Petkovic, Josip Juranovic, Filip Bradaric, Luka Ivanusec

Wasit: Daniele Orsato (Italia)

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini