Jelang Hadapi Timnas Italia di Laga Pembuka Piala Eropa 2020, Pelatih Turki Punya Taktik Jitu

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 51 2423761 jelang-hadapi-timnas-italia-di-laga-pembuka-piala-eropa-2020-pelatih-turki-punya-taktik-jitu-wkdxl5aM1R.jpg Senol Gunes, pelatih Timnas Turki di Piala Eropa 2020. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

ROMA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Turki, Senol Gunel, sudah memegang strategi jitu. Hal itu jelang Timnas Turki menghadapi Italia di laga pembuka Grup A Piala Eropa 2020 pada Sabtu, 12 Juni 2021 pukul 02.00 WIB.

Karena itu, Senol Gunes, optimistis skuadnya akan meraup hasil masimal. Laga Timnas Turki vs Italia dilangsungkan di Stadion Olimpico, Roma. Menurut Senol Gunes, laga ini sangat penting mengingat akan menjadi titik awal Turki menjalani fase grup di Piala Eropa 2020.

Hakan Calhanoglu

(Hakan Calhanoglu, salah satu pemain Turki yang merumput di Italia)

Pelatih berusia 69 tahun itu tahu betul kalau anak asuhnya sudah mengenal suasana di Italia. Sebab, beberapa dari mereka tengah berkarir dan pernah merumput di Liga Italia. Karena itu, ia akan menjadikan beberapa pemain tersebut sebagai senjata Turki untuk mencoba menaklukkan Italia.

Salah satunya adalah bintang AC Milan, Hakan Calhagnoglu. Ada pula Merih Demiral yang merupakan pemain Juventus, serta Cengiz Under yang statusnya saat ini masih menjadi penggawa AS Roma meski tengah dipinjamkan ke Leicester City.

“Kami memiliki pemain yang bermain di Serie A, karena mereka tahu bagaimana segala sesuatunya bekerja di Italia dan cara bermain tim-tim ini. Ini adalah pertandingan antara dua tim kuat dan saya yakin Turki bisa menang,” ujar Gunes dilansir dari Football Italia, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA: Pesona Kota Roma, Tempat Opening Ceremony dan Salah Satu Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Lebih lanjut, pelatih yang pernah membawa Turki ke semifinal Piala Dunia 2002 ini mengatakan, melawan Timnas Italia memang tidaklah mudah. Namun, mereka akan berjuang keras mengalahkan Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- di kandangnya.

“Kami tahu kekuatan Italia, tetapi juga kelemahan mereka. Kami sangat menyadari prestasi dan tradisi Italia, lolos ke hampir semua kompetisi ini. Meskipun demikian, kami akan berjuang keras dari segi teknis, taktis dan fisik, saya percaya Turki bisa menang,” ujarnya.

Timnas Turki

Gunes paham timnya bukan pasukan favorit untuk menempati puncak klasemen Grup A Piala Eropa 2020. Akan tetapi, ia punya torehan sejarah yang harum bersama Timnas Turki. Karena itu, mantan pelatih Besiktas ini percaya diri Turki bisa kalahkan Italia.

“Kami bukan favorit untuk memuncaki grup ini, tetapi saya ingin kami berusaha yang terbaik. Semifinal Piala Dunia 2002 benar-benar menjadi awal kepercayaan diri kami di kancah Internasional, kami akan terus belajar dari tunamen ini,” tambah Gunes.

Pendapat Gunes mungkin memang bukan isapan jempol. Tim Bulan Sabit dan Bintang -julukan Timnas Turki- punya catatan apik tampil konsisten dan belum terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa serta pertandingan persahabatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini