Juventus Resmi Dicoret dari Liga Italia dan Liga Champions Bulan Ini? Lebih Nyesek ketimbang 2006!

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 51 2422321 juventus-resmi-dicoret-dari-liga-italia-dan-liga-champions-bulan-ini-lebih-nyesek-ketimbang-2006-dCZoie6Nu6.jpg Juventus dicoret dari Liga Champions dan Liga Italia, Cristiano Ronaldo tinggalkan Stadion Allianz? (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

JUVENTUS bisa mendapatkan dua kabar buruk bulan ini. Pertama, Bianconeri –julukan Juventus– berpotensi dicoret dari keikutsertaan mereka di Liga Champions 2021-2022, efek ambil bagian di Liga Super Eropa.

Menurut laporan La Reppublica, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) akan mengumumkan hukuman yang diterima Juventus, Barcelona dan Real Madrid, hari ini, Rabu (9/6/2021), imbas ambil bagian di Liga Super Eropa. Selain hukuman denda, ketiga klub di atas berpotensi dilarang tampil di Liga Champions selama dua musim.

Juventus

“UEFA akan mengumumkan hukuman kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona atas keikutsertaan di Liga Super Eropa pada Rabu. Tujuannya, UEFA ingin menyelesaikan masalah sebelum Piala Eropa 2020 yang mulai bergulir Jumat malam,” tulis La Reppublica, Okezone mengutip dari Football Italia, Rabu (9/6/2021).

“Mungkin saja mereka dikeluarkan dari Liga Champions musim depan, atau bisa juga denda. Juventus, Real Madrid dan Barcelona merupakan tim yang berkomitmen di ajang Liga Super Eropa,” lanjut laporan tersebut.

Tidak sampai di situ, Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, juga memberi ultimatum kepada Juventus. Jika sampai 21 Juni 2021 Juventus belum mundur dari Liga Super Eropa, si Nyonya Tua dilarang tampil di Liga Italia 2021-2022.

BACA JUGA: Liga Champions Tetap Seru Tanpa Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang Dicoret Gara-Gara Liga Super Eropa?

“Mereka yang merasa harus berpartisipasi dalam kompetisi yang tidak diizinkan FIGC, FIFA dan UEFA akan kehilangan afiliasi mereka. Aturan ini berlaku untuk lisensi nasional,” kata Gravina mengutip dari Marca

“Jelas, jika hingga 21 Juni sebuah tim ingin tampil di kompetisi yang bersifat pribadi (Liga Super Eropa), mereka takkan diizinkan tampil di kompetisi kami,” lanjut Gravina.

Juventus

Jika Juventus benar dilarang tampil di Liga Champions dan Liga Italia musim depan, lantas di mana mereka berkompetisi pada 2021-2022? Tampil di Coppa Italia pun Juventus takkan bisa, mengingat turnamen itu juga di bawah naungan FIGC.

Karena itu, hukuman di atas jauh lebih nyesek ketimbang yang diterima Juventus pada 2006. Saat itu akibat keterlibatan sang CEO, Luciano Moggi, dalam kasus pengaturan skor (Calciopoli), Juventus dipaksa degradasi ke Serie B 2006-2007, plus mendapatkan pengurangan sembilan poin.

Meski dipaksa degradasi, Juventus setidaknya masih ikut kompetisi pada 2006-2007. Bagaimana dengan Juventus musim depan? Nasib Juventus masih abu-abu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini