Liga Champions Tetap Seru Tanpa Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang Dicoret Gara-Gara Liga Super Eropa?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 261 2422308 liga-champions-tetap-seru-tanpa-juventus-real-madrid-dan-barcelona-yan-dicoret-gara-gara-liga-super-eropa-SjfpnNRtkl.jpg Real Madrid bisa gagal tampil di Liga Champions musim depan. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

FEDERASI Sepakbola Eropa (UEFA) sedang menimbang-nimbang hukuman yang tepat kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona, tiga klub yang belum menyatakan mundur dari Liga Super Eropa. Menurut laporan La Reppublica, ada dua hukuman yang bisa diterima tiga klub di atas.

Pertama, ketiganya dilarang tampil di Liga Champions selama dua musim. Keduanya, Juventus, Real Madrid dan Barcelona dikenai denda seperti sembilan klub lain yang menyatakan mundur dari Liga Super Eropa.

Aleksander Ceferin

(Presiden UEFA, Aleksander Ceferin)

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, merupakan sosok yang mendorong tiga klub di atas untuk dilarang tampil di Liga Champions 2021-2022. Pria asal Slovenia itu mengaku heran, bagaimana caranya kontestan Liga Super Eropa tetap ingin tampil di Liga Champions musim depan.

Padahal, rencana awal pendirian Liga Super Eropa adalah untuk menyaingi Liga Champions, kompetisi yang dianggap ketinggalan zaman oleh presiden Real Madrid, Florentino Perez, serta petinggi Liga Super Eropa lainnya.

“Komite disiplin kami bersifat independen, sehingga saya tak tahu sampai mana kasus ini telah diselidiki. Saya tidak tahu kapan dan apa sanksi yang dijatuhkan,” kata Ceferin mengutip dari Daily Mail, Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA: Juventus, Real Madrid dan Barcelona Resmi Dicoret dari Liga Champions Hari Rabu Gara-Gara Liga Super Eropa?

“Bagi saya yang aneh adalah, Anda (tiga klub di atas) masih berstatus anggota Liga Super Eropa, namun mengirim lamaran untuk tampil di Liga Champions,” lanjut Ceferin.

Sekarang yang jadi pertanyaan, masih serukah Liga Champions jika Juventus, Real Madrid dan Barcelona dicoret? Pro dan kontra pasti bermunculan.

Juventus

(Juventus bisa dilarang tampil di Liga Champions 2021-2022)

Sosok yang pro menilai ketiadaan Juventus, Real Madrid dan Barcelona takkan berpengaruh banyak kepada gengsi Liga Champions. Terbukti dalam tiga musim terakhir, tak ada ketiga klub di atas dalam daftar finalis Liga Champions.

Kemudian yang kontra, menyayangkan jika Barcelona, Real Madrid dan Juventus dilarang tampil di Liga Champions, mengingat ketiganya mempunyai sejarah panjang di ajang ini.

Jadi, menarik menunggu hukuman apa yang dijatuhkan UEFA kepada Juventus, Real Madrid dan Barcelona karena keikutsertaan mereka di Liga Super Eropa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini