Eric Garcia Resmi Gabung, Barcelona Gunakan Formasi 3 Bek Musim Depan

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 46 2418501 eric-garcia-resmi-gabung-barcelona-gunakan-formasi-3-bek-musim-depan-nJzGnjvYz4.jpg Eric Garcia resmi gabung Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA Eric Garcia resmi gabung Barcelona hari ini, Selasa (1/6/2021). Pemain berposisi bek tengah ini dikontrak Barcelona selama lima tahun dan dipagari klausul lepas mencapai 400 juta euro atau sekira Rp6,89 triliun!

Pemain yang dipanggil pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, ke Piala Eropa 2020 ini bukan orang baru di tubuh Barcelona. Sebelumnya, Eric Garcia mengenyam pendidikan di akademi Barcelona.

Eric Garcia

Baru pada 2018, Eric Garcia hengkang ke Manchester City U-18 dan dipromosikan ke tim utama semusim kemudian. Melihat perkembangan Eric Garcia, Barcelona tertarik memulangkan sang anak didik pada musim panas 2020.

Namun, karena kendala keuangan, Barcelona baru bisa mendatangkan Eric Garcia ketika kontrak si pemain bersama Manchester City berakhir pada 30 Juni 2021. Kehadiran Eric Garcia berpotensi menimbulkan perubahan di skema yang digunakan pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Musim ini, Ronald Koeman biasa menggunakan pola 4-3-3 atau 4-2-3-1. Musim depan seiring kehadiran Eric Garcia, Ronald Koeman berpotensi besar mengubah pola permainannya menjadi 3-4-3.

BACA JUGA: Barcelona Resmikan Transfer Eric Garcia dari Man City

Kenapa Koeman memilih menggunakan tiga bek? Sebab, Koeman dipercaya akan ragu untuk mencadangkan salah satu dari Eric Garcia, Gerard Pique dan Clement Lenglet, mengingat ketiganya mempunyai kualitas mumpuni.

Kemudian untuk posisi wing back kanan, ada Sergino Dest dan Jordi Alba di sisi sebelahnya. Untuk gelandang sentral, ditempati Georginio Wijnaldum dan Frenkie de Jong.

Georginio Wijnaldum

(Wijnaldum selangkah lagi gabung Barcelona)

Untuk Wijnaldum, gelandang asal Belanda ini memang belum resmi gabung Barcelona. Namun, hanya masalah waktu bagi Barcelona untuk mendatangkan mantan personel Newcastle United tersebut.

Kemudian, di lini depan akan diisi Lionel Messi (winger kanan), Memphis Depay (winger kiri) dan Sergio Aguero (penyerang). Sama seperti Wijnaldum, proses kepindahan Depay ke Estadio Camp Nou juga hanya tinggal menunggu waktu.

Berikut prediksi susunan pemain Barcelona musim depan:

(3-4-3): Ter Stegen; Eric Garcia, Pique, Lenglet; Dest, De Jong, Wijnaldum, Alba; Messi, Depay, Aguero.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini