Meski Juara Liga Champions, Chelsea Masih Kalah Besar dari Arsenal

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 45 2418365 meski-juara-liga-champions-chelsea-masih-kalah-besar-dari-arsenal-TZmnwfKguy.jpg Arsenal vs Chelsea (Foto: Reuters)

LONDON – Pendapat mantan pemain Tottenham Hotspur, Joamie O’Hara, soal klub terbesar di London mungkin akan menimbulkan kontroversi. Sebab, dia menyebut Arsenal sebagai klub terbesar di London meski Chelsea lebih bersinar dalam dua dekade terakhir.

Sebagaimana diketahui, The Blues -julukan Chelsea- meraih kesuksesan besar pada musim 2020-2021. Setelah berjuang cukup keras, Chelsea mampu menjuarai Liga Champions musim ini.

Chelsea (Foto: Reuters)

Chelsea menjadi juara setelah mengalahkan Manchester City 1-0 pada final yang berlangsung di Stadion do Dragao, Porto, Portugal, Minggu 30 Mei 2021, dini hari WIB. Gol kemenangan Chelsea dibuat pemain termahal mereka, Kai Havertz, pada menit ke-42.

Kemenangan atas Man City membuat Chelsea meraih trofi Liga Champions kedua mereka. Sekadar informasi, trofi Liga Champions pertama The Blues diraih pada musim 2011-2012.

BACA JUGA: Ogah Balik ke Inggris, Eden Hazard Mau Buktikan Diri di Real Madrid

Banyak orang menilai Chelsea sebagai klub terbesar di London, tetapi tidak dengan O’Hara. Sebagai fans Tottenham, O’Hara tidak malu untuk mengakui, bahwa Arsenal adalah klub terbesar di London.

BACA JUGA: Chelsea Juara Liga Champions, Eden Hazard Tidak Senang

O’Hara berkaca pada prestasi Arsenal secara keseluruhan. The Gunners -julukan Arsenal- telah meraih 47 trofi, termasuk 13 kali juara Liga Inggris, sejak berdiri pada 1886. Chelsea, yang berdiri pada 1905, baru mengoleksi 30 trofi.

Kekurangan Arsenal adalah tidak ada trofi Liga Champions di lemari penghargaan mereka. Selain itu, Arsenal pun tengah terpuruk dalam beberapa musim terakhir ini. The Gunners bahkan finis kedelapan di Liga Inggris 2020-2021.

O’Hara mengakui keterpurukan Arsenal dalam beberapa musim terakhir ini. Akan tetapi, itu tidak membuat pendapat O’Hara berubah tentang Arsenal sebagai klub terbesar di London.

Arsenal (Foto: Reuters)

“Saya adalah penggemar Spurs, tetapi Anda tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan, bahwa Arsenal adalah klub terbesar di London. Jika Anda mengikuti sejarah, kesuksesan nyata dari klub sepakbola, basis penggemar, dan segala sesuatu yang datang dengan klub sepakbola,” kata O’Hara, dikutip dari Standard, Selasa (1/6/2021).

"Chelsea adalah klub paling sukses di London saat ini, kami tahu itu. Mereka punya pemilik miliarder dan klub paling sukses,” tuturnya.

“Anda bisa menggolongkannya sebagai argumen bodoh karena mereka berdua klub sepakbola besar, tetapi pada akhirnya jika Anda bertanya siapa yang lebih besar, siapa klub terbesar di London, itu Arsenal! Mereka telah memenangkan trofi terbanyak, mereka adalah klub paling sukses,” ucap pemain asal Inggris itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini