Barcelona Masih Gantung Nasib Ronald Koeman

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 01:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 46 2417065 barcelona-masih-gantung-nasib-ronald-koeman-lg7WEk69my.jpg Ronald Koeman (Foto: Reuters)

BARCELONA – Kontrak Ronald Koeman sebagai Pelatih Barcelona masih tersisa satu tahun lagi. Meski begitu, nasib juru taktik asal Belanda itu bersama Barcelona masih belum jelas hingga sekarang.

Barcelona menunjuk Koeman sebagai juru taktik pada awal musim 2020-2021. Tugas Koeman jelas, yaitu membangkitkan Barcelona yang gagal mendapatkan trofi apa pun pada musim sebelumnya.

Ronald Koeman (Foto: Reuters)

Koeman sempat kesulitan menjalankan tugasnya. Performa Barcelona naik-turun pada awal musim sehingga tidak mampu bersaing dengan tim-tim besar lainnya.

Barcelona akhirnya gagal mejuarai Liga Spanyol dan Liga Champions. Akan tetapi, Koeman mampu menjuarai Copa del Rey dan membawa Barcelona lolos ke Liga Champions musim depan.

BACA JUGA: Gianluigi Donnarumma ke Barcelona, Bagaimana Nasib Ter Stegen?

Saat musim berakhir, nasib Koeman pun menjadi perbincangan hangat. Banyak kabar menyebutkan Barcelona akan memecat Koeman, lalu menunjuk juru taktik baru setelahnya.

BACA JUGA: Mengejutkan! Xavi Hernandez Diumumkan Jadi Pelatih Barcelona Hari Ini?

Presiden Barcelona, Joan Laporta, pun tidak berkomentar banyak tentang nasib Koeman yang juga merupakan legenda Blaugrana -julukan Barcelona. Dia hanya menegaskan, bahwa kinerja Koeman sedang dievaluasi oleh klub.

“Di Barca tidak ada musim transisi. Kami menghormati musim yang baru saja selesai, dan seperti yang kami katakan kepada pelatih, pada akhirnya kami akan mengevaluasi keputusan untuk masa depan,” kata Laporta, dikutip dari Goal International, Sabtu (29/5/2021).

“Kami selalu bertindak dengan sangat menghormati Koeman, seorang legenda Wembley (Koeman mencetak gol tunggal kemenangan Barcelona atas Sampdoria di final Liga Champions 1991-1992) dan seorang profesional yang melakukan tugasnya,” ungkapnya.

Ronald Koeman (Foto: Reuters)

“Pada akhir musim, kami akan mengevaluasi dan bekerja untuk musim depan. Kami telah mengatur untuk bertemu satu sama lain minggu depan. Dia memiliki kontrak dan kami sedang mengevaluasi musim,” ucap pria asal Spanyol itu.

“Kami memiliki hubungan langsung dan jelas. Dia adalah pelatih yang sudah ada di sini dan memiliki kontrak. Kami sedang dalam percakapan untuk memberitahu apa yang kami inginkan untuk musim depan,” ujar Laporta.

“Dalam percakapan ini, semuanya dievaluasi. Dari sudut pandang profesional, perilaku, karakter Barcelona, itu dilakukan secara normal dan berada di jalur yang benar. Orang pertama yang mengetahui keputusan kami adalah Ronald (Koeman) dan kami mendekati titik itu,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini