Southgate: Pilih Pemain Inggris untuk Piala Eropa 2020 Lebih Rumit dari Negara Lain

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 51 2416625 southgate-pilih-pemain-inggris-untuk-piala-eropa-2020-lebih-rumit-dari-negara-lain-3xQ3ufRqGK.jpg Gareth Southgate. (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, mengatakan bahwa memilih pemain untuk masuk ke skuadnya di Piala Eropa 2020 jauh lebih rumit ketimbang negara lain. Sebab, ada sejumlah problematika yang menghampiri pemain-pemain Inggris jelang berlaga di Piala Eropa 2020.

Sebagaimana diketahui, Southgate telah mengumumkan skuad sementara Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020. Pengumuman itu disampaikan pada Selasa 25 Mei 2021 malam WIB.

Timnas Inggris

Dalam daftar nama skuad yang dipilih, ada sebanyak 33 pemain yang dipanggil oleh Southgate. Jumlah ini tentu saja akan dipangkas nantinya sesuai kuota yang ditetapkan dalam Piala Eropa 2020, yakni sebanyak 26 pemain setiap tim.

BACA JUGA: Trent Alexander-Arnold Jajal Posisi Baru Bareng Timnas Inggris di Piala Eropa 2020?

Southgate belum bisa menetapkan skuad tetap Timnas Inggris lantaran sejumlah pemain masih fokus ke pemulihan cedera dan juga laga lain bersama klubnya. Hal ini setidaknya dialami oleh pemain dari tiga klub, yakni Manchester United, Manchester City, dan Chelsea, yang masih harus fokus ke laga final Liga Champions dan Liga Eropa.

BACA JUGA: Gawat! Di Piala Eropa 2020, WAGs Dilarang Masuk Hotel Timnas Inggris

Untuk Man United sendiri, mereka sudah selesai menjalani laga final Liga Eropa pada 27 Mei 2021. Tetapi, Manchester City dan Chelsea yang dipertemukan di final Liga Champions baru akan berhadapan pada Minggu 30 Mei 2021 dini hari WIB.

Selain itu, ada juga beberapa pemain yang masih fokus ke penyembuhan cederanya, seperti Harry Maguire dan Jordan Henderson. Dengan memiliki waktu lebih panjang lagi, Southgate pun yakin bisa memilih skuad terbaik dan ideal lewat informasi yang didapat dalam beberapa hari ke depan. Skuad resmi Timnas Inggris pun akan diumumkan sebelum 1 Juni 2021.

"Saya pikir situasi kami sungguh lebih rumit daripada negara lain saat ini. Kami mengetahui, dari 33 pemain ini, ada 12 pemain yang masih akan bermain di final kompetisi Eropa, jadi kami akan selalu membutuhkan beberapa pemain tambahan,” ujar Southgate, sebagaimana dikutip dari Sportsmole, Jumat (28/5/2021).

Timnas Inggris

“Selain itu, beberapa pemain juga masih cedera pada tahap yang berbeda. Ada yang masih berjuang untuk pulih dan ada yang sudah kembali berlatih hingga bertanding. Jadi, kami merasa lebih banyak waktu akan membantu kami membuat keputusan yang lebih baik,” lanjutnya.

“Preferensi kami adalah memberi 26 nama, tetapi kami belum mendapat kartu yang ideal karena banyak yang tidak diketahui. Info dan bukti sangat penting dan kami akan memiliki lebih banyak lagi informasi dalam 7 hari ke depan," tukas pelatih berusia 50 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini