Menpora Minta Shin Tae-yong Tak Kuras Tenaga Penggawa Timnas Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 51 2407544 menpora-minta-shin-tae-yong-tak-kuras-tenaga-penggawa-timnas-indonesia-Ejn38rgKO6.jpg Shin Tae-yong. (Foto/PSSI)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memiliki permintaan khusus kepada pelatih Shin Tae-yong saat meninjau pemusatan pelatihan (TC) Tim Nasional Indonesia pada Jumat, 7 Mei 2021 malam. Dia meminta pelatih asal Koreal Selatan tersebut tidak terlalu menguras tenaga skuad Garuda.

Timnas Indonesia melakukan TC sebagai persiapan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Saat meninjau latihan, Zainudin Amali didampingi Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Foto/MPI/Quadiliba Al Farabi

Kunjungan ini bertepatan dengan kembalinya Shin Tae-yong dari lima hari masa karantina usai mendarat di Jakarta pada Minggu 2 Mei 2021 lalu. Program latihan yang disaksikan Zainudin Amali di malam ini yakni internal game.

Baca juga: Arthur Irawan Dipanggil Timnas Indonesia, Netizen Kaget

Di sela-sela latihan, Zainudin Amali berinteraksi dengan Shin Tae-yong. Namun, ia juga mewanti-wanti agar Shin Tae-yong tetap memerhatikan kemampuan fisik para pemain karena perjalanan tak berakhir di kualifikasi Piala Dunia saja.

Baca juga: 8 Pemain Belum Gabung TC Timnas Indonesia, Salah Satunya Egy Maulana Vikri

"Saya minta ke Shin Tae-yong supaya jangan terlalu memforsir, karena kan perjalanan kita masih panjang,” ujarnya.

“Apalagi ini (target) kita kan ke U-20 tahun 2023, kemudian ada SEA Games dan ada kegiatan-kegiatan lain lagi, supaya mereka juga bisa menjaga kesehatannya," lanjut Zainudin Amali setelah kunjungan selesai.

Menpora selama menyaksikan para penggawa Timnas latihan terlihat berdiskusi banyak dengan Indra Sjafri. Pada saat itu, terdengar topik pembicaraan berkaitan dengan perkembangan Timnas sejauh ini.

Ia pun memberikan penilaian kepada Evan Dimas cs pada latihan kali ini. Menurutnya, dengan skuad Garuda yang sekarang terlihat suatu harapan yang besar.

"Anak-anak baru mulai berkumpul, saya kira mereka baru mulai diberi arahan-arahan. Saya kira anak-anak ini kita punya harapan lah," ucap Zainudin Amali.

Foto/PSSI

Skuad Garuda diagendakan melakukan pemusatan latihan ini hingga 16 Mei 2021 mendatang. Kemudian mereka akan berangkat ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 17 Mei 2021. 

Di sana mereka akan melakoni dua laga uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei. Setelahnya, sampailah pada tujuan utama menghadapi tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini