Tak Mau Terlalu Disudutkan, Mikel Arteta: Arsenal Sudah Bapuk sejak 5 Tahun Terakhir!

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 45 2407658 tak-mau-terlalu-disudutkan-mikel-arteta-arsenal-sudah-bapuk-sejak-5-tahun-terakhir-X2mjjv2aY6.jpg Mikel Arteta (Foto: Dylan Martinez/REUTERS)

LONDON – Mikel Arteta sadar bahwa dirinya tengah disudutkan menyusul kegagalan Arsenal mencapai babak final Liga Eropa musim 2020-2021. Namun bagi Arteta pribadi, ketidakmampuan Arsenal itu adalah komulatif dari performa mereka dalam lima musim terakhir.

Sebagaimana diketahui, Arsenal memang gagal memetika hasil maksimal kala menghadapi Villarreal di leg kedua semifinal Liga Eropa 2020-2021. Dalam pertandingan yang dimainkan di Emirates Stadium itu, Arsenal harus puas bermain 0-0 dengan tamunya.

Arsenal vs Villarreal

Padahal Arsenal wajib setikdanya mencetak satu gol jika ingin memastikan satu tempat di partai final Liga Eropa 2020-2021. Hal tersebut terjadi setelah mereka kalah 1-2 dari Villarreal di leg pertama semifinal Liga Eropa musim ini.

Kegagalan Arsenal mencapai partai puncak Liga Eropa 2020-2021 pun lantas mendapatkan sorotan tajam dari sejumlah pengamat. Nama Arteta juga menjadi sasaran kritikan dari para penggemar serta legenda klub asal London Utara tersebut.

Baca Juga: UEFA Maafkan 9 Klub Eks Liga Super Eropa, tapi Tetap Kena Hukuman

Sadar bahwa sedang disudutkan, Arteta pun lantas memberikan reaksinya. Ya, Arteta enggan dirinya menjadi satu-satunya sosok yang patut disalahkan atas kegagalan Arsenal menembus partai final Liga Eropa 2020-2021.

Terlebih, Arteta sendiri sadar bahwa Arsenal memang kekurangan kualitas semenjak lima tahun lalu, atau pada saat mereka mulai absen di Liga Champions. Meski begitu, Arteta tetap meminta maaf karena tak mampu mengantarkan Arsenal lolos ke final Liga Eropa 2020-2021.

“Kami tidak bersaing dengan klub-klub papan atas di negara ini selama lima tahun. Itu bukan seolah-olah proses itu dimulai enam bulan lalu, namun ini sudah ada sejak lima tahun lalu dan Anda dapat melihat tren tersebut,” jelas Arteta, sebagaimana disadur dari Football London, Sabtu (8/5/2021).

“Saya memahami kekhawatiran itu karena ketika anda tersingkir dari Liga Champions selama lima tahun, itu bukan hanya kerugian tetap juga tren. Saya merasakan rasa sakit yang dalam karena situasi klub saat ini,” sambungnya.

Mikel Arteta

“Pada saat bersamaan saya juga sangat berharap kami bisa membawa tim ke final, yang mana bisa menjadi titik balik yang bagus. Saya mengerti bahwa kami telah mengecewakan banyak orang dan itu sangat menyakitkan, sebab kami ingin memberikan yang terbaik kepada semua orang.”

Baca Juga: Arsenal Tak Mampu Tembus Final Liga Eropa, Arteta: Hancur!

“Namun satu hal yang saya jelaskan adalah untuk melakukan apa yang ingin kami kerjakan. Saya tidak ragu bahwa kami akan mencapai hal itu. Jika tidak, saya tak akan duduk di sini,” tuntas pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini