Semakin Tua, Supardi Nasir Siap Disingkirkan Pemain Muda Persib Bandung

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 49 2407230 semakin-tua-supardi-nasir-siap-disingkirkan-pemain-muda-persib-bandung-bnPEctcSTE.jpg Supardi Nasir tahu posisinya di Persib Bandung bisa digeser pemain lain. (Foto: Persib.co.id/M. Jatnika Sadili)

BANDUNG – Supardi Nasir merupakan fullback kanan andalan Persib Bandung sejak 2012. Sejak kedatangannya, Supardi Nasir membantu Persib Bandung menjuarai Liga Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Sempat hengkang ke Sriwijaya FC pada 2016, Supardi Nasir kembali ke Persib Bandung setahun berselang. Setelah kembali, posisi bek kanan Persib Bandung pun kembali jadi miliknya.

Supardi Nasir

Namun, pelatih Robert Alberts mulai melakukan regenerasi di tubuh tim. Ada cukup banyak pemain muda di semua lini, termasuk di posisi bek kanan.

Yang teranyar adalah Bayu M. Fiqri. Pemain ini tergolong multifungsi karena bisa diplot sebagai bek tengah, bek kiri, termasuk bek kanan. Bahkan, di final Piala Menpora 2021 leg kedua melawan Persija Jakarta, Bayu dipercaya tampil sebagai starter.

Sial bagi Bayu, ia diganjar kartu merah di pertandingan tersebut. Namun, bermain sebagai starter di partai final jelas jadi indikasi bahwa Robert sangat percaya kemampuannya dan bisa diandalkan untuk masa depan Persib Bandung.

Selain Bayu, ada sosok pemain lain yang juga bisa mengisi posisi bek kanan. Mulai dari Henhen Herdiana, Zalnando, hingga pemain muda Mario Jardel. Bahkan, Ardi Idrus pun bisa dipaksakan bermain di posisi itu.

Mereka semua pernah dimainkan di Piala Menpora 2021. Hal itu tak lepas karena saat bermain di fase grup Supardi absen membela tim. Ia saat itu mengikuti kursus kepelatihan di Padang dan baru bergabung setelah fase grup tuntas.

BACA JUGA: 4 Pemain Asing Persib Bandung yang Dicintai Bobotoh, Nomor 2 Turun di Olimpiade

Meski secara kemampuan mereka belum sepadan dengan Supardi Nasir, kehadiran para pemain mudah itu bisa jadi ancaman. Mereka bisa kapan saja merebut posisi di tim inti 'Maung Bandung'.

Sebagai pemain senior, Supardi Nasir menyikapinya dengan bijak. Ia mengakui para pemain muda itu punya potensi hebat dan sangat mungkin terus berkembang.

Supardi Nasir

"Mereka punya masa depan cerah, tapi tentunya jangan pernah cepat puas," ujar Supardi.

Ia pun mengingatkan agar pujian yang diberikan banyak pihak pada mereka dijadikan sebagai cambukan. Jangan pernah terlena dengan pujian. Sebaliknya, pujian itu harus membuat mereka menjadi lebih baik.

Supardi sendiri menyebut potensi mereka akan sangat berguna bagi Persib. Tak hanya itu, jika tampil apik, bukan tak mungkin mereka menembus tim nasional dan jadi pilar penting timnas di masa depan.

Soal posisinya yang mungkin bisa tergusur suatu saat Supardi tak mempermasalahkannya. Sebab, sebagai pemain kaya pengalaman, ia sudah kenyang dengan peta persaingan. Ia sudah terbiasa bermain di tim inti hingga posisinya digantikan pemain lain.

Ia pun siap bersaing dengan talenta muda di skuad Persib Bandung saat ini. Secara pribadi, ia bahkan merasa terpacu untuk tampil apik dan bisa mendapat kepercayaan pelatih.

"Tentunya dalam sepak bola kompetisi (memperebutkan posisi tim inti) hal biasa. Itu semua tergantung pelatih," ungkap Supardi.

Menurutnya, pelatih juga pasti punya strategi berbeda ketika tim bertanding. Sehingga, setiap pemain punya kesempatan bermain menyesuaikan dengan strategi pelatih. Sebab, karakter setiap pemain berbeda meski punya spesialisasi di posisi tertentu.

Sebagai pemain, ia hanya berusaha tampil sebaik mungkin dalam latihan. Ketika dipercaya bermain, kemampuan terbaik akan dikerahkan.

"Tidak masalah buat saya. Tugas saya berlatih. Ketika pelatih butuh saya, saya harus siap," tutup Supardi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini