4 Pemain Asing Persib Bandung yang Dicintai Bobotoh, Nomor 2 Turun di Olimpiade

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 49 2405974 4-pemain-asing-persib-bandung-yang-dicintai-bobotoh-nomor-2-turun-di-olimpiade-hZZsf4qhGy.jpg Kosin bela Persib Bandung dalam dua periode. (Foto: Instagram/@sinthaweechai)

SEJUMLAH pemain asing Persib Bandung menjadi idola Bobotoh (sebutan untuk fans Persib Bandung). Padahal, pemain yang akan dibahas di bawah ini hanya numpang lewat alias Cuma main sebentar bersama Persib Bandung.

Performa impresif ketika berseragam Persib Bandung, rupanya menarik hati Bobotoh. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 4 pemain asing Persib yang dicintai Bobotoh:

4. Kosin Hathairattanakool

Kosin

Mantan kiper Timnas Thailand ini merupakan pemain asing Asia yang paling dicintai Bobotoh. Ia bergabung ke Persib pada musim 2006-2007.

Sejak kedatangannya, Kosin langsung jadi pujaan Bobotoh, sebutan fans Persib. Hal itu karena kemampuannya mengawal gawang.

Parasnya yang tampan juga membuat Bobotoh perempuan banyak yang tergila-gila. Bahkan, tak bisa dipungkiri, Kosin jadi salah satu pemain yang membuat Bobotoh perempuan mau menyaksikan Persib di stadion.

Di musim perdananya, Kosin bermain sekitar setengah musim. Setelah itu, ia kembali ke Thailand dan bermain dengan klub Chonburi FC.

Namun, Kosin kembali ke Persib pada kompetisi musim 2009-2010 Saat itu, ia datang dengan nama baru, yakni Sinthaweechai Hathairattanakool. Meski begitu, Bobotoh tetap banyak yang menyebutnya Kosin.

Secara keseluruhan, Kosin tampil dalam 33 pertandingan bersama Persib. Jumlah pertandingan yang tergolong singkat untuk membuat namanya begitu dikenang Bobotoh sampai sekarang.

3. Suchao Nutnum

Suchao Nutnum

Di awal kedatangannya, Suchao Nutnum disambut biasa saja, tak seperti Kosin. Namun, ia membuktikan diri sebagai pemain istimewa.

Suchao langsung mencuri perhatian Bobotoh dan publik pencinta sepak bola Tanah Air. Ia punya kemampuan istimewa sebagai gelandang, piawai mencetak gol dan assist, serta mengatur irama permainan.

Sama dengan Kosin, Suchao bermain sekitar setengah musim saja. Ia mengoleksi tiga gol dalam 13 pertandingan bersama Persib.

Namun, satu golnya dicetak sangat istimewa, yakni di laga terakhirnya bersama Persib melawan Persik Kediri. Gol itu dicetak melalui sepak pojok. Skor saat itu 6-1 untuk kemenangan Persib.

Perpisahan manis pun dilakukan Bobotoh sesuai laga di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Suchao dan Kosin dilepas dengan penuh haru, keduanya juga dikalungkan bunga.

Hingga kini, nama Suchao masih membekas dalam ingatan Bobotoh. Dibanding Kosin, kebersamaan Suchao dengan Persib jauh lebih singkat. Namun, nama Suchao selalu dikenang sebagai pemain asing yang begitu dicintai Bobotoh.

2. Cristian Bekamenga

Bekamenga

Pada kompetisi musim 2007-2008, Persib punya predator yang begitu ganas dalam urusan mencetak gol. Sosok itu adalah Cristian Bekamenga.

Datang dengan status pemain Timnas Kamerun U-23 yang kemudian ikut serta di Olimpiade Beijing 2008, Bekamenga melesakkan 17 gol dalam 20 pertandingan bersama Persib. Persib saat itu pun sempat jadi juara paruh musim.

Namun, Bekamenga kemudian pergi tanpa alasan jelas. Ia meninggalkan Persib dan bergabung ke klub Perancis, Nantes FC. Dipinjamkannya bek Nyeck Nyobe ke Persela Lamongan di paruh kedua disebut-sebut jadi alasan hengkangnya Bekamenga.

Bekamenga dikabarkan marah atas keputusan dipinjamkannya Nyeck Nyobe. Sebab, Nyeck Nyobe merupakan rekan senegara sekaligus sahabatnya.

Selepas Bekamenga hengkang, prestasi Persib melorot. Bahkan, di akhir musim, Persib hanya menempati peringkat kelima klasemen.

1. Omid Nazari

Omid Nazari

(Foto: Persib.co.id)

Nama ini tergolong masih hangat. Omid Nazari didatangkan pada pertengahan kompetisi musim 2019. Sejak awal kedatangannya, Omid langsung punya andil besar di Persib.

Ia punya kemampuan istimewa dan disebut-sebut sebagai gelandang modern. Omid piawai menyeimbangkan permainan, jadi penghubung antarlini, serta punya kemampuan apik mencetak gol dan assist.

Namun, Februari 2021 ia memilih mundur dari tim dan bergabung ke klub Filipina, United City FC. Kepergian Omid begitu disesali Persib dan Bobotoh. Sebab, Persib seperti kehilangan roh permainan.

Hingga kini, Persib belum menemukan pemain pengganti yang sepadan dengan Omid. Bahkan, Farshad Noor yang didatangkan jauh dari ekspektrasi dan berujung didepak.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini