Gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar Punya Pemain Idaman, Siapa Dia?

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 49 2407220 gelandang-persib-bandung-dedi-kusnandar-punya-pemain-idaman-siapa-dia-IR7fLofhy8.jpg Dedi Kusnandar saat berlatih bersama Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id/Gregorius Aditya Katuk)

BANDUNG – Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, sudah menjajal sejumlah klub papan atas Tanah Air. Sebut saja Pelita Jaya, Arema FC, dan Persebaya Surabaya.

Dalam catatan perjalanan karier profesionalnya, Dedi Kusnandar pun sudah pernah bermain dengan para pemain top. Namun, ada satu pemain yang sangat didambakannya bisa bermain bersamanya.

Dedi Kusnandar

(Dedi Kusnandar saat berlatih bersama Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Sosok itu adalah Ferdinand Sinaga. Bagi Dedi Kusnandar, Ferdinand Sinaga adalah sosok yang istimewa. Sebab, Ferdinand Sinaga merupakan sahabatnya yang sama-sama meniti karier di tim junior Persib Bandung.

Kedekatan keduanya makin kuat karena pernah sama-sama bermain untuk Pelita Jaya U-21 dan menjuarai Liga 1 U-21 pada musim 2008-2009.

Baik Dedi Kusnandar maupun Ferdinand Sinaga keduanya sama-sama punya mimpi besar bermain untuk Persib Bandung dan tentunya bermain bersama. Namun, sejak meniti karier di tim senior, keduanya harus terpisah cukup lama.

Selepas dari Pelita Jaya U-21, keduanya melakukan perantauan ke tim lain. Ferdinand Sinaga pun lebih dulu bisa mewujudkan mimpi bermain untuk Persib Bandung pada 2014 dan menghadirkan juara ISL 2014.

Setelah itu, Dedi Kusnandar bertualang ke Sriwijaya, PSM Makassar, Kelantan FA (Malaysia), PSMS Medan, bahkan sempat dikontrak Boavista FC (Timor Leste). Namun, Ferdinand akhirnya pulang ke Persib pada 2021 ini.

BACA JUGA: 5 Pemain Persib Bandung yang Tolak Pinangan Klub Luar Negeri, Nomor 1 Abaikan Tim Serbia

Sebaliknya, Dedi Kusnandar baru bergabung ke Persib Bandung sejak 2015 setelah Ferdinand hengkang. Ia pun bertahan hingga kini meski sempat berkarier di Malaysia bersama Sabah FA selama setahun pada 2016.

Tahun 2021 pun jadi momentum emas. Sebab, momentum yang ditunggu-tunggu akhirnya terwujud. Dedi Kusnandar bisa bermain dengan Ferdinand, sosok yang dikenalnya saat namanya belum banyak dikenal publik.

Bersama Ferdinand Sinaga, Dedi Kusnandar pun menyimpan besar. Ia ingin menghadirkan gelar juara Liga Indonesia, ambisi yang sudah ada sejak meniti karier sebagai pesepakbola.

Ferdinand Sinaga

(Ferdinand Sinaga (kiri). Foto: Persib.co.id)

"Dia pernah membawa Persib juara dan mudah-mudahan sekarang kita bisa bareng-bareng membawa Persib juara," kata Dedi Kusnandar.

Dedi Kusnandar sendiri tak pernah mencicipi manisnya gelar juara Liga Indonesia bersama Persib Bandung. Satu-satunya trofi yang pernah diraihnya bersama Persib Bandung adalah Piala Presiden 2015.

Sehingga, ia sangat berambisi bisa menjuarai Liga 1 2021. Apalagi jika diraih bersama Ferdinand, hal itu dirasa akan sangat spesial.

Dedi Kusnandar pun optimistis Ferdinand bisa kembali menghadirkan gelar juara untuk Persib. Sebab, ia tahu betuk bagaimana kualitas Ferdinand. Apalagi, kini sosok Ferdinand juga lebih matang, baik dari segi kemampuan maupun mental bertanding.

"Kita tahu pribadi dia, apalagi pernah main bareng di junior dan timnas. Kita tahu dia striker bagus dan salah satu striker di Indonesia yang pemain gelandang inginkan (bisa bekerja sama)," jelas Dedi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini