5 Fakta Laga Manchester City Sikat PSG dan Lolos ke Final Liga Champions 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 261 2405777 5-fakta-laga-manchester-city-sikat-psg-dan-lolos-ke-final-liga-champions-2020-2021-XtdYRkOsww.jpg Riyad Mahrez saat bobol gawang PSG di leg II semifinal Liga Champions 2020-2021. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

MANCHESTER City lolos ke final Liga Champions 2020-2021 setelah menang 2-0 atas Paris Saint-Germain (PSG) di leg II semifinal, Rabu (5/5/2021) dini hari WIB. Dua gol Manchester City dalam laga ini dilesakkan brace (dua gol) Riyad Mahrez pada menit 11 dan 63.

Berkat kemenangan 2-0, Man City lolos ke final Liga Champions 2020-2021 dengan keunggulan agregat 4-1. Sebelumnya, di leg I semifinal yang berlangsung pekan lalu, Man City menang 2-1 atas PSG. Sejumlah fakta pun tersaji kelar laga Man City vs PSG. Apa saja?

Berikut 5 fakta laga Manchester City sikat PSG dan lolos ke final Liga Champions:

5. Raja Inggris

Manchester City

Manchester City merupakan klub pertama Inggris yang meraih 11 kemenangan dalam satu musim Liga Champions. Hebatnya, 11 kemenangan yang didapat Manchester City musim ini didapat hanya dari 12 pertandingan!

4. Rekor Lain

Manchester City

Setelah rekor di atas, ada catatan manis lain yang membuat Manchester City dominan ketimbang klub-klub Inggris lain yang pernah turun di Liga Champions. The Citizens menjadi klub pertama Inggris yang meraih tujuh kemenangan beruntun di Liga Champions!

BACA JUGA: Akhirnya, Man City Lolos juga ke Final Liga Champions

Setelah bermain 0-0 kontra FC Porto di matchday kelima Grup C Liga Champions 2020-2021, Man City menyapu bersih tujuh laga ke depan dengan kemenangan.

3. Klub Kesembilan Inggris

Manchester City

Manchester City merupakan klub sembilan Inggris yang mentas di final Liga Champions. Mereka mengikuti jejak Nottingham Forrest, Aston Villa, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal dan Leeds United.

Jumlah ini unggul jauh ketimbang negara kedua yang paling banyak mengirimkan wakil di final Liga Champions, yakni Jerman dan Italia. Kedua negara ini masing-masing mengirimkan enam wakil ke final Liga Champions.

2. Riyad Mahrez Samai Sadio Mane

Manchester City

Riyad Mahrez menjadi pesepakbola kedua klub Liga Inggris setelah Sadio Mane (Liverpool yang selalu mencetak gol dalam dua laga semifinal Liga Champions. Riyad Mahrez mencetak satu gol saat Man City menang 2-1 atas PSG di leg pertama.

Kemudian di leg kedua, Riyad Mahrez memborong gol kemenangan Man City. Sementara Mane, masing-masing mengemas satu gol saat Liverpool menang 5-2 serta tumbang 2-4 dari AS Roma di semifinal Liga Champions 2017-2018.

1. Aksi Guardiola Berlanjut?

Josep Guardiola

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, sebelumnya dua kali membawa tim asuhannya tampil di final Liga Champions. Hebatnya di dua final itu, Guardiola mengantarkan klub asuhannya kala itu, Barcelona, selalu meraih kemenangan dan keluar sebagai juara.

Akankah di final ketiga ini, menjadi yang ketiga juga Guardiola mengangkat trofi si Kuping Besar? Peluang itu ada, mengingat Guardiola jarang kalah ketika membawa tim asuhannya tampil di final turnamen. Hanya ada satu momen di mana Guardiola kalah di final, tepatnya saat Barcelona tumbang 0-1 dari Real Madrid di final Copa del Rey 2010-2011.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini