UEFA: Pilih Liga Super Eropa, Real Madrid, Juventus, Barcelona dan Milan Dicoret dari Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 261 2399943 uefa-pilih-liga-super-eropa-real-madrid-juventus-barcelona-dan-milan-dicoret-dari-liga-champions-ZetqBmUQl2.jpg Real Madrid bisa dilarang tampil di Liga Champions musim depan. (Foto: REUTERS/Juan Medina)

NYON – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, memberi ultimatum kepada empat klub yang belum mundur dari Liga Super Eropa, yakni Real Madrid, Juventus, Barcelona dan AC Milan. Jika tidak segera mundur dari Liga Super Eropa, pria asal Slovenia itu tak segan mencoret Real Madrid, Juventus, Barcelona dan AC Milan dari Liga Champions untuk selama-lamanya.

“Sangat jelas bahwa klub harus memutuskan, apakah mereka (empat klub di atas) bermain di Liga Super Eropa atau Liga Champions. Jika mereka mengatakan kami adalah Liga Super, maka mereka takkan bermain di Liga Champions. Nantinya, mereka bisa bermain di kompetisi mereka sendiri,” kata Ceferin saat diwawancara AP, Okezone mengutip dari Marca, Sabtu (24/4/2021).

Aleksander Ceferin

(Presiden UEFA, Aleksander Ceferin)

Sekadar informasi, dari 12 kontestan awal Liga Eropa, tinggal Real Madrid, Juventus, Barcelona dan AC Milan yang belum mundur dari kompetisi tandingan Liga Champions tersebut. Sebanyak empat klub di atas tidak mengikuti langkah delapan klub lain yang memutuskan mundur dari Liga Super Eropa.

Sebanyak delapan klub yang mundur dari Liga Super Eropa adalah Liverpool, Arsenal, Manchester United, Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Inter Milan dan Atletico Madrid. Mereka mundur setelah UEFA mengeluarkan ultimatum keras.

Pada Selasa 20 April 2021, Ceferin mengeluarkan pernyataan yang tak segan mencoret 12 kontestan Liga Super Eropa dari seluruh kompetisi garapan UEFA. Lantas, bagaimana dengan kiprah Real Madrid di Liga Champions 2020-2021?

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Semifinal Liga Champions 2020-2021 Digelar Sesuai Jadwal, Real Madrid Tak Jadi Dicoret

Los Blancos –julukan Real Madrid– tetap diizinkan tampil di semifinal Liga Champions 2020-2021. Rencananya, Real Madrid akan menjamu Chelsea di leg I semifnal Liga Champions 2020-2021 pada Rabu 28 April 2021 dini hari WIB.

Lantas, apa alasan UEFA tidak mencoret Real Madrid dari Liga Champions 2020-2021, meski kekeuh bertahan di Liga Super Eropa? Salah satu alasannya adalah hak siar. Jika laga Real Madrid vs Chelsea dibatalkan karena Los Blancos dicoret, pemegang hak siar otomatis merugi dan mereka akan menuntut UEFA.

Real Madrid

(Real Madrid bisa dilarang tampil di Liga Champions untuk selama-lamanya karena bertahan di Liga Super Eropa)

Bagaimana dengan nasib delapan klub yang memutuskan mundur dari Liga Super Eropa? Ceferin mengapresiasi keputusan delapan klub itu dan takkan memberi hukuman.

“Bagi saya, situasi yang sangat berbeda ketika delapan klub itu mengakui kesalahannya dan mengatakan meninggalkan proyek (Liga Super Eropa),” lanjut Ceferin.

Menurut laporan Sky Sports, proses hukum kepada Barcelona, Real Madrid, Juventus dan AC Milan baru akan dilakukan UEFA kelar musim 2020-2021. Karena itu, Real Madrid, Barcelona, Juventus dan AC Milan wajib waspada jika sampai akhir musim belum menyatakan mundur dari Liga Super Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini