Real Madrid 100% Tampil di Semifinal Liga Champions meski Turun di Liga Super Eropa

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 261 2399421 real-madrid-100-tampil-di-semifinal-liga-champions-meski-turun-di-liga-super-eropa-go4N0DpSN3.jpg Real Madrid bisa tampil di semifinal Liga Champions 2020-2021. (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

MADRID – Fans Real Madrid tak perlu cemas soal kiprah tim kesayangan mereka di Liga Champions 2020-2021. Meski Real Madrid belum mundur dari Liga Super Eropa –kompetisi yang diharamkan UEFA, Los Blancos –julukan Real Madrid– tetap diizinkan tampil di semifinal Liga Champions 2020-2021.

Kenapa Real Madrid masih diizinkan tampil di Liga Champions 2020-2021? Bukannya presiden UEFA, Aleksander Ceferin dan anggota Exco UEFA, Jesper Moller, mengultimatum akan mencoret klub-klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa dari seluruh kompetisi garapan UEFA?

Real Madrid

Media asal Spanyol, Marca, mengatakan Real Madrid takkan terlempar dari semifinal Liga Champions 2020-2021 karena ambil bagian di Liga Super Eropa. Setelah berdiskusi dengan sejumlah pakar hukum olahraga, Marca menyimpulkan bahwa Real Madrid sama sekali tidak melanggar aturan.

Rencananya dalam kongres UEFA yang digelar hari ini, Jumat (23/4/2021), masa depan Real Madrid, Barcelona dan Juventus, selaku tim yang belum mundur di Liga Super Eropa, akan dibahas dalam rapat Exco UEFA.

Namun, Marca bisa memastikan, rapat Exco UEFA tak memiliki wewenang untuk memberi hukuman kepada Real Madrid, Juventus dan Barcelona. Sebab, yang berhak memberikan hukuman itu Komite Disiplin, bukan Komite Eksekutif (Exco).

Satu lagi, dalam penelusuran Marca, tak ada satu pun pasal peraturan Liga Champions yang dilanggar Real Madrid. Dalam peraturan baru Liga Champions 2021-2024 yang diluncurkan pada Selasa 20 April 2021, juga tak ada pasal yang dilanggar Real Madrid.

BACA JUGA: Presiden UEFA: Laga Real Madrid vs Chelsea di Liga Champions Masih Mungkin Dibatalkan

Karena itu, Real Madrid berpotensi besar bisa melanjutkan kiprah di Liga Champions 2020-2021. Terlebih presiden UEFA, Aleksander Ceferin, sudah memberi indikasi bahwa laga Real Madrid vs Chelsea pada Rabu 28 April 2021 dini hari WIB tetap berjalan. Sebab, jika tidak, pemegang hak siar akan mengajukan ganti rugi kepada UEFA.

“Kuncinya adalah musim ini sudah dimulai. Jadi jika pertandingan (semifinal Liga Champions) tidak digelar, pemegang hak siar akan akan mendatangi kami untuk meminta ganti rugi,” kata Ceferin, mengutip dari Daily Mail.

Aleksander Ceferin

(Presiden UEFA, Aleksander Ceferin)

“Jadi, kemungkinan pertandingan tidak dimainkan minggu depan relatif kecil. Tapi, keadaan bisa sedikit berbeda di masa depan,” lanjut Ceferin.

Akun Twitter @partidazocope pun mengeluarkan pernyataan serupa. Mereka mengatakan, Exco UEFA takkan bisa menendang Real Madrid dari Liga Champions.

“Besok (hari ini) Komite Eksekutif UEFA tidak akan mengeluarkan Real Madrid dari Liga Champions. Real Madrid telah memenangkan hak untuk bermain di semifinal Liga Champions,” tulis @partidazocope.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini