Tanpa Liga Super Eropa, Florentino Perez: Real Madrid Tak Sanggup Beli Mbappe dan Haaland

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 51 2398824 tanpa-liga-super-eropa-florentino-perez-real-madrid-tak-sanggup-beli-mbappe-dan-haaland-PnIP8eOLAF.jpg Real Madrid belum resmi keluar dari Liga Super Eropa. (Foto: REUTERS/Jon Nazca))

PRESIDEN Real Madrid, Florentino Perez, mengeluarkan pernyataan yang membuat fans Los Blancos –julukan Real Madrid– bimbang. Pria 74 tahun itu mengatakan, Real Madrid takkan pernah bisa mendatangkan Kylian Mbappe (PSG) dan Erling Haaland (Borussia Dortmund) tanpa turun di Liga Super Eropa.

Sekadar informasi, fans Real Madrid merupakan salah satu suporter yang tak setuju tim kesayangan mereka tampil di Liga Super Eropa. Sebab dengan tampil di Liga Super Eropa, Real Madrid berpotensi dicoret dari seluruh kompetisi garapan UEFA.

Kylian Mbappe

(Kylian Mbappe diburu Real Madrid)

Hal itu karena Liga Super Eropa masuk kategori brekaway league dan tidak di bawah naungan UEFA. Namun, Florentino Perez yang juga berstatus presiden Liga Super Eropa mencoba meyakinkan fans Real Madrid.

Pria asal Spanyol itu mengatakan, satu-satunya cara bagi Real Madrid mendapatkan pemain bintang seperti Erling Haaland dan Kylian Mbappe adalah dengan turun di Liga Super Eropa. Dengan turun di Piala Super Eropa, Real Madrid dan klub kontestan lain mendapatkan pendapatan yang berlimpah.

Sebagai uang kompensasi tampil saja, sebuah klub mendapatkan 300 juta euro atau setara Rp5,24 triliun. Sementara jika menjadi juara, tim kampiun meraup 400 juta euro atau sekira Rp6,9 triliun!

BACA JUGA: Florentino Perez Sebut 4 Tim Belum Tinggalkan Liga Super Eropa, Siapa Saja?

Jumlah itu jauh di atas tim juara Liga Champions. Musim lalu saat menjuarai Liga Champions 2019-2020, Bayern Munich hanya mendapatkan 120 juta euro atau sekira Rp2 triliun.

“Tidak mungkin merekrut Mbappe dan Haaland untuk Real Madrid, tanpa adanya Liga Super Eropa,” kata Florentino Perez sata diwawancara El Larguero, Okezone mengutip dari Twitter @FabrizioRomano.

Real Madrid

(Real Madrid belum keluar dari Liga Super Eropa)

Awalnya, ada 12 klub yang bersiap ambil bagian di Liga Super Eropa. Mereka ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Namun, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) bergerak cepat menghadang laju 12 klub tersebut. UEFA langsung menggandeng FIFA, serta tiga federasi yakni Italia, Inggris dan Spanyol untuk menghentikan proyek ambisius ini.

Selain menggandeng sejumlah organisasi, UEFA juga mengeluarkan ultimatum keras. UEFA tak segan melarang klub-klub yang tergabung di Liga Super Eropa ambil bagian di kompetisi garapan mereka. Ultimatum yang dikeluarkan UEFA ternyata manjur.

Menurut Florentino Perez, saat ini tinggal tersisa empat tim di Liga Super Eropa yakni Real Madrid, Barcelona, Juventus dan AC Milan. Nasib mereka pun akan ditentukan dalam rapat kongres luar biasa yang diadakan UEFA pada Jumat 23 April 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini