Andrea Pirlo: Ide Liga Super Eropa Bagus Kok

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 47 2398837 andrea-pirlo-ide-liga-super-eropa-bagus-kok-NdBH7CXw6g.jpg Andrea Pirlo (Foto: Reuters)

TURIN – Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyatakan ide Liga Super Eropa, yang digagas oleh Presiden Bianconeri –julukan Juventus, Andrea Agnelli, bagus. Pirlo berpendapat begitu karena telah berbicara dengan Agnelli sebelum pertandingan kontra Parma di Liga Italia 2020-2021 yang berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan timnya.

Sebagaimana diketahui, sepakbola Eropa tengah gempar dengan ide pembentukan Liga Super Eropa. Sebanyak 12 klub, yaitu Juventus, Inter Milan, AC Milan, Arsenal, Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid, telah menandatangani kontrak untuk bergabung dengan Liga Super Eropa.

Andrea Pirlo (Foto: Twitter/@juventusfc)

Klub-klub itu akan menjadi pendiri dari kompetisi baru yang nantinya akan menandingi Liga Champions itu. Maksud hadirnya Liga Super Eropa adalah untuk memberikan pemasukan lebih besar pada klub-klub yang berpartisipasi di dalamnya.

Namun, Liga Super Eropa mendapatkan penolakan dari berbagai pihak, mulai dari UEFA, FIFA, asosiasi sepakbola berbagai negara, hingga fans. Alhasil, Liga Super Eropa, yang diumumkan pada Senin 19 April 2021, harus kehilangan anggotanya beberapa hari kemudian.

BACA JUGA: Meski Menang, Juventus Tetap Dapat Kritik dari Pirlo

Seluruh klub besar Inggris yang awalnya berpartisipasi, yaitu Arsenal, Man United, Liverpool, Manchester City, Chelsea dan Tottenham Hotspur, memutuskan mundur. Rival Juventus di Italia, Inter Milan dan AC Milan, mengambil langkah serupa dengan keenam klub besar Inggris. Dari Spanyol, Atletico juga mengundurkan diri.

BACA JUGA: Florentino Perez Sebut 4 Tim Belum Tinggalkan Liga Super Eropa, Siapa Saja?

Alhasil, Liga Super Eropa hanya menyisakan Juventus, Real Madrid, dan Barcelona. Kompetisi itu pun kemungkinan besar tidak bisa segera dijalankan karena kekurangan partisipan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan Liga Super Eropa akan menjadi kenyataan di masa depan. Pirlo tidak masalah jika Liga Super Eropa berjalan suatu saat nanti.

“Agnelli menjelaskan apa yang terjadi, tetapi yang paling penting adalah mengamankan tempat di empat besar untuk lolos ke Liga Champions. Dia meyakinkan dan menyemangati kami menjelang pertandingan ini,” ujar Pirlo pada Sky Sport Italia, mengutip dari Football Italia, Kamis (22/4/2021).

“Saya sudah membicarakannya kemarin, begitu juga Presiden dan Direktur. Kami semua tahu hal yang sama. Sesuatu harus diubah di tingkat Eropa karena ide yang diajukan bagus, tetapi kami juga terbuka untuk saran lain dan akan menghormati aturan,” tuturnya.

Andrea Pirlo (Foto: Reuters)

Sementara itu, Kemenangan atas Parma membawa Juventus naik ke posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 65 poin. Bianconeri tertinggal 11 poin dari pimpinan klasemen sementara, Inter Milan, yang imbang 1-1 dengan Spezia pada pertandingan lainnya.

Juventus pun meraih poin penting untuk tetap mempertahankan harapan mereka, yaitu menjuarai Liga Italia. Meski begitu, patut digarisbawahi, bahwa peluang Juventus untuk mengejar Inter Milan tidaklah besar karena Liga Italia hanya menyisakan enam pertandingan lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini