8 Pesepakbola Tersukses di Level Klub Sepanjang Sejarah, Ada Lionel Messi

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 51 2397748 8-pesepakbola-tersukses-di-level-klub-sepanjang-sejarah-ada-lionel-messi-3fZOu2G9rN.jpg Lionel Messi. (Foto: Reuters)

SEMUA pesepakbola pasti bermimpi untuk bisa memenangkan gelar juara. Baik diraih bersama klub atau tim nasional (timnas), pencapaian ini akan sangat mereka harapkan.

Beberapa pesepakbola bahkan berhasil merebut banyak sekali trofi hingga kariernya bisa dibilang berjalan sangat sukses. Tak ayal, sosoknya dipandang sebagai legenda, baik untuk klub atau dunia sepakbola, usai memutuskan pensiun.

BACA JUGA: Tak Pernah Main Bola, Pria asal Brasil Ini Justru Sukses Jadi Pesepakbola Top

Siapa saja pemain tersebut? Tanpa nama Cristiano Ronaldo karena baru mengoleksi 33 gelar juara, berikut delapan pesepakbola tersukses di level klub sepanjang sejarah.

BACA JUGA: Radja Nainggolan dan David Alaba, Pesepakbola Keturunan ASEAN yang Berkiprah Manis di Kancah Internasional

5. Vitor Baia (34 Trofi)

Di urutan kelima, ada nama Vitor Baia. Dia bisa dibilang sebagai kiper paling berprestasi di dunia sepakbola karena selama kariernya bersama klub bisa mendapatkan hingga 34 trofi!

Vitor Baia

Vitor Baia menghabiskan sebagian besar kariernya dengan bermain bersama FC Porto. Jebolan akademi Porto ini melakukan debutnya untuk tim utama pada 1988. Dia total tampil di 315 laga di semua kompetisi untuk FC Porto selama periode pertamanya di klub tersebut.

Setelah dua musim membela Barcelona, Baia kembali ke Porto pada 1999. Periode keduanya membela FC Porto tak bisa semanis sebelumnya. Pada periode kali ini, dia tampil di 210 laga dalam semua kompetisi. Meski tak semanis sebelumnya, tetap ada banyak trofi yang bisa diraih.

Baia total mendapatkan 27 trofi selama kariernya bersama FC Porto. Trofi itu terdiri dari 10 gelar juara Liga Portugal dan 1 Liga Champions. Sementara tujuh trofi lainnya, dia mendapatkannya bersama Barcelona.

4. Gerard Pique dan Sir Kenny Dalglish (35 Trofi)

Berikutnya, unggul satu trofi dari pencapaian Vitor Baia bersama klub, ada dua nama pesepakbola bintang dunia, yakni Gerard Pique dan Sir Kenny Dalglish. Keduanya total mendapatkan 35 trofi bersama klubnya.

Sir Kenny Dalglish

Sir Kenny Dalglish menghabiskan kariernya sebagai pesepakbola profesional hanya bersama dua klub, yakni Celtic dan juga Liverpool. Kariernya di Celtic begitu mentereng hingga rutin bermain di total 338 laga bersama Celtic. Dari jumlah laga itu, dia telah mencetak 173 gol dan membantu klub merebut sembilan gelar juara, di mana empat di antaranya diraih di Liga Skotlandia.

Setelah itu, Dalglish bergabung dengan Liverpool pada 1977. Di klub ini, dia mencatatkan namanya sebagai salah satu penyerang terbaik dunia. Dia tampil total di 515 laga bersama Liverpool dan mencetak 172 gol! Di sana, Dalglish total mendapatkan 26 trofi.

Selain Dalglish, ada juga Gerard Pique yang telah mengumpulkan 35 trofi dalam kariernya di level klub. Pique telah menjelma menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia dan terus menjadi pemain penting bagi Barcelona.

Pique bergabung kembali dengan Barcelona dari Manchester United pada 2008. Pemain asal Spanyol itu segera membuktikan dirinya sebagai anggota penting lini belakang Barcelona, dan tampil mengesankan dengan kemampuan duel udara dan kualitas teknisnya.

Gerard Pique

Pique pun total telah tampil di 559 laga bersama Barcelona. Dia pun berhasil membantu Barcelona meraih 31 gelar juara sejauh ini, teranyar didapat di pentas Copa del Rey 2020-2021. Sementara itu, empat trofi lainnya didapat Pique saat membela Man United.

3. Ryan Giggs (36 Trofi)

Di urutan ketiga, ada nama Ryan Giggs. Dia dianggap sebagai salah satu winger terbaik di generasinya. Tak ayal, sosok Ryan Giggs telah menjadi legenda di Manchester United.

Ryan Giggs

Ryan Giggs hanya menghabiskan karier sepakbola profesionalnya dengan membela Man United. Pemain asal Wales ini total tampil di 963 laga sejak debutnya pada 1990. Dia mencetak 168 gol untuk Man United.

Giggs pun mengumpulkan total 36 trofi bersama Man United. Sebanyak 13 trofi di antaranya diraih di Liga Inggris dan dua trofi di Liga Champions.

2. Lionel Messi, Maxwell, dan Andres Iniesta (37 Trofi)

Di tahapan berikutnya, ada pemain yang sudah berhasil mengoleksi 37 trofi. Ada tiga nama sekaligus yang keluar untuk pencapaian dalam jumlah ini. Mereka ialah Lionel Messi, Maxwell, dan Andres Iniesta.

Lionel Messi

Untuk Messi, dia menorehkan karier yang begitu mentereng selama membela Barcelona. Messi baru saja memenangkan trofi ke-37 bersama Barcelona di pentas Copa del Rey 2020-2021.

Deretan trofi ini makin mempermanis karier La Pulga -julukan Messi- bersama Barcelona. Dia sudah tampil di 771 laga dan mencetak 665 gol untuk klub tersebut. Tetapi kini, karier Messi di Barcelona tengah ramai dispekulasikan menyusul kontraknya yang akan habis pada akhir Juni 2021.

Berikutnya, ada nama Maxwell. Dia bermain untuk beberapa klub terbesar di dunia, seperti PSG, Ajax Amsterdam, Inter Milan, hingga Barcelona. Selama itu, dia pun terus membuktikan kekuatannya yang begitu luar biasa. Maxwell memenangkan gelar liga dengan semua klub tempat dia bermain. Dia juga memenangkan Liga Champions bersama Barcelona.

Maxwell

Kemudian, ada Andres Iniesta yang telah menjadi legenda di Barcelona. Dia adalah salah satu gelandang terhebat sepanjang masa. Iniesta dan Lionel Messi telah menjadi dua pemain kunci di tim hebat Barcelona asuhan Josep Guardiola.

Andres Iniesta

Merupakan jebolan akademi Barcelona, yakni La Masia, Iniesta melakukan debutnya untuk klub pada 2002. Pemain asal Spanyol itu terus tampil gemilang di total 674 penampilan bersama Barcelona. Dia meraih 35 gelar bersama Barcelona dan dua lainnya didapat bersama klubnya saat ini, yakni Vissel Kobe.

1. Dani Alves (42 Trofi)

Terakhir, ada nama Dani Alves. Dia bertengger di puncak daftar pesepakbola tersukses di level klub sepanjang sejarah usai mengumpulkan total 42 trofi!

Dani Alves

Seperti Pique, Messi, dan Iniesta, Dani Alves adalah bagian dari tim hebat Barcelona di bawah asuhan Josep Guardiola. Dia salah satu bek kanan terbaik. Alves bergabung dengan Barcelona dari Sevilla pada 2008.

Alves total tampil di 391 laga bersama Barcelona dan mencetak 21 gol. Di Barcelona, Alves meraih total 23 trofi bersama Barcelona. Selain bersama Barcelona, dia juga menorehkan karier yang sukses bersama Juventus, Paris Saint-Germain, Sevilla, dan Sao Paulo hingga turut meraih trofi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini