Radja Nainggolan dan David Alaba, Pesepakbola Keturunan ASEAN yang Berkiprah Manis di Kancah Internasional

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 51 2386686 radja-nainggolan-dan-davil-alaba-pesepakbola-keturunan-asean-yang-berkiprah-manis-di-kancah-internasional-oLMe7SVN2R.jpg David Alaba. (Foto: Instagram/@da_27)

SEJUMLAH pesepakbola keturunan ASEAN terbukti mampu bersaing di kancah internasional. Mereka berhasil menorehkan prestasi manis saat membela klub-klub besar di Eropa.

Dua dari sederet pemain keturunan ASEAN terbukti mampu bersaing di kancah internasional ialah David Alaba dan Radja Nainggolan. Nama keduanya terus malang-melintang membela klub-klub top di Eropa.

David Alaba

Untuk David Alaba sendiri, dia kini membela klub raksasa asal Jerman, yakni Bayern Munich. Prestasi manis ditunjukkannya selama membela Bayern, termasuk menyabet enam trofi bergengsi pada tahun lalu.

BACA JUGA: 5 Pemain yang Didatangkan Barcelona pada Musim Panas 2021

Saat itu, Bayern yang juga diperkuat David Alaba tampil begitu fantastis hingga merebut banyak gelar juara, di antaranya di pentas Liga Jerman, Liga Champions, hingga Piala Dunia Klub. Siapa sangka, bek kiri yang sudah memberi kontribusi besar kepada Bayern ini ternyata punya darah ASEAN.

BACA JUGA: Lewat Trofi, Maguire Ingin Bungkam Para Haters Man United

Alaba merupakan pemain keturunan Austria dan Filipina. Darah Filipina didapat dari ibunya. Sementara ayah David Alaba sendiri ternyata berasal dari Nigeria. Alaba sendiri lahir di Austria dan sudah memperkuat Timnas Austria sejak usia dini.

Sosok Alaba telah menjadi begitu fenomenal di Austria. Pemain kelahiran 1992 ini adalah bahkan sudah meraih gelar Pesepakbola Terbaik Austria pada 2011. Kala itu, usianya baru menginjak 19 tahun.

Selain Alaba, ada juga Radja Nainggolan. Jika Alaba berdarah Filipina, Radja Nainggolan merupakan pemain keturunan Indonesia. Dari nama belakangnya, sudah diketahui bahwa dia memiliki darah Batak.

Radja Nainggolan

Radja Nainggolan keturunan Sumatera Utara. Darah Indonesia didapat dari ayahnya, sementara sang ibunda diketahui merupakan warga negara Belgia.

Karier Radja Nainggolan pun tak kalah cemerlang dari David Alaba. Dia sudah membela sejumlah klub ternama di Eropa, mulai dari AS Roma hingga Inter Milan. Kini, dia pun tengah menjalani masa pinjaman di Cagliari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini