Gabung Liga Super Eropa, 12 Klub Pendiri Dapat Miliaran Rupiah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 19 April 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 51 2397104 gabung-liga-super-eropa-12-klub-pendiri-dapat-miliaran-rupiah-WRcUMYUzsN.jpg Bola Liga Inggris. (Foto/Reuters)

LONDON – Sebanyak 12 klub pendiri Liga Super Eropa akan mendapat dana bantuan awal. Selain itu, liga akan menghasilkan pendapat lebih tinggi daripada Liga Champions.

Liga Super Eropa akan diikuti oleh 20 klub, terdiri dari 12 klub pendiri dan tiga klub lain yang akan bergabung segera. Lima tambahan berasal dari pencapaian klub di kompetisi domestik mereka.

Sebanyak 12 klub sudah menyatakan bergabung dan menjadi pendiri Liga Super Eropa. Mereka adalah enam klub Inggris, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Selanjutnya dari Spanyol, Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid, sedangkand dari Italia diwakili AC Milan, Inter Milan, dan Juventus.

Foto/Twitter

Liga ini akan dimulai pada Agustus mendatang, dengan pertandingan yang digelar tengah pekan. Klub akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari 10 klub yang akan bertanding di kandang dan tandang.

Baca juga: Atletico Madrid Gabung Liga Super Eropa, Ini Tanggapan Diego Simeone

Tiga klub teratas di setiap grup lolos ke perempatfinal. Sedangkan tim di urutan keempat dan kelima memainkan play-off untuk dua tempat tersisa.

Baca juga: 11 Tahun Berlalu, Ramalan Arsene Wenger soal Liga Super Eropa Jadi Kenyataan

Dalam liga itu akan ada format sistem gugur, sama dengan yang digunakan di Liga Champions dan final satu leg pada Mei di tempat netral.

Di sisi keuangan, Liga Eropa dalam pernyataaanya mengklaim melebihi mendapatkan 10 miliar euro (Rp174,4 triliun) selama jalannya periode komitmen awal klub.

Para klub pendiri akan menerima 3,5 miliar euro (Rp70,5 triliun) untuk mendukung rencana investasi infrastruktur mereka dan untuk mengimbangi dampak pandemi Covid," tulis pernyataan Liga Super Eropa.

Foto/Real Madrid

Presiden Real Madrid Florentino Perez adalah ketua pertama Liga Eropa. Dia mengatakan bahwa Liga Super Eropa membantu sepakbola di setiap level. 

"Sepakbola adalah satu-satunya olahraga global di dunia dengan lebih dari empat miliar penggemar dan tanggung jawab kami sebagai klub besar adalah untuk menanggapi keinginan mereka," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini