Tampil di Liga Super Eropa, The Big Six Terlempar dari Liga Inggris?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 19 April 2021 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 45 2397038 tampil-di-liga-super-eropa-the-big-six-terlempar-dari-liga-inggris-fYfTxdmryA.jpg Man United klub tersukses di Liga Inggris yang berpotensi terdepak dari Liga Inggris karena Liga Super Eropa. (Foto: REUTERS/Martin Rickett)

THE Big Six Liga Inggris yang terdiri dari Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Manchester City dan Tottenham Hotspur, ambil bagian di Liga Super Eropa. Hanya saja, ada konsekuensi yang diterima dari keputusan berani ambil bagian di ajang tandingan Liga Champions tersebut.

Tim-tim di atas berpotensi ditendang dari Liga Inggris. Sebab, UEFA dan Federasi Sepakbola Inggris, Italia dan Spanyol sudah mengeluarkan ultimatum bagi siapa saja yang berani ambil bagian di Liga Super Eropa.

Liverpool

(Liverpool dan Madrid ambil bagian di Liga Super Eropa)

“Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam Federasi Sepakbola, klub-klub yang terlibat (dalam pembentukan Liga Super Eropa) akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia. Para pemain juga dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka,” bunyi keterangan UEFA yang dikutip dari laman resmi mereka.

“Kami ingin menegaskan kembali bahwa kami (UEFA, FA Inggris, RFEF, FIGC, Liga Premier, LaLiga, Lega Serie A) dan juga FIFA serta semua asosiasi anggota kami, akan tetap bersatu dalam upaya menghentikan proyek sinis ini. Sebuah proyek yang didirikan atas dasar kepentingan pribadi beberapa klub pada saat masyarakat membutuhkan solidaritas lebih dari sebelumnya,” tambah keterangan resmi dari UEFA.

“Kami akan mempertimbangkan semua tindakan yang tersedia bagi kami, di semua tingkatan, baik peradilan dan olahraga untuk mencegah hal ini terjadi. Sepakbola didasarkan pada kompetisi terbuka dan prestasi olahraga, tidak bisa dengan cara lain,” lanjut keterangan tersebut.

Melihat pernyataan UEFA di atas, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Manchester City dan Tottenham Hotspur dan Manchester United wajib harap-harap cemas. Sebab, mereka berpotensi terdepak dari Liga Inggris dan takkan lagi bisa ambil bagian di kompetisi antarklub Eropa seperti Liga Champions dan Liga Eropa.

Manchester United

(Man United klub tersukses di Liga Inggris)

Sekadar informasi, dini hari tadi sebanyak 12 klub memutuskan keluar dari Asosiasi Klub Eropa (ECA). Mereka memutuskan bergabung dengan Liga Super Eropa yang merupakan tandingan Liga Champions.

BACA JUGA: PSG Juara Liga Champions 2020-2021 Gara-Gara Tak Turun di Liga Super Eropa?

Sebanyak 12 klub dipastikan ambil bagian di Liga Super Eropa. Mereka ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

UEFA sedang mencari tiga klub tambahan sebagai pelengkap 15 klub permanen yang tampil di Liga Super Eropa. Kabarnya, tiga klub tambahan itu meliputi Bayern Munich, RB Leipzig dan FC Porto.

Bayern Munich

(Bayern Munich tampl di Liga Super Eropa?)

Total, ada 20 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Sebanyak 20 klub itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan 10 tim. Nantinya, 10 tim itu bertanding kandang dan tandang.

Tiga tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke perempatfinal Liga Super Eropa. Sementara itu, tim yang menduduki posisi empat dan lima akan melakoni babak playoff untuk mencari dua slot tersisa di perempatfinal Liga Super Eropa.

Kemudian, babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan format kandang dan tandang. Barulah, partai puncak digelar satu laga, atau biasa dilangsungkan di tempat netral.

Menarik menanti langkah UEFA selanjutnya. Sanggupkah mereka menghentikan terselenggaranya Liga Super Eropa? Atau justru Liga Super Eropa tetap terselenggara pada Agustus 2021 dan berujung pendepakan 12 klub di atas dari kompetisi domestik masing-masing?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini