PSG Juara Liga Champions 2020-2021 Gara-Gara Tak Turun di Liga Super Eropa?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 19 April 2021 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 261 2397023 psg-juara-liga-champions-2020-2021-gara-gara-tak-turun-di-liga-super-eropa-mkuGh5o52Q.jpg PSG juara Liga Champions 2020-2021? (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

PARIS Saint-Germain (PSG) menjadi satu-satunya semifinalis Liga Champions 2020-2021 yang tak ambil bagian di Liga Super Eropa. Karena itu, nama PSG mencuat akan ditunjuk Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) untuk keluar sebagai kampiun Liga Champions 2020-2021.

Hal itu merujuk kepada ucapan UEFA semalam. Federasi yang bermarkas di Kota Nyon, Swiss, itu mengatakan melarang seluruh klub maupun pemain yang ambil bagian di Liga Super Eropa, untuk berkiprah di kompetisi garapan UEFA dan FIFA

PSG

(PSG satu-satunya semifinalis Liga Champions 2020-2021 yang tak ambil bagian di Liga Super Eropa)

“Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam Federasi Sepakbola, klub-klub yang terlibat (dalam pembentukan Liga Super Eropa) akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia. Para pemain juga dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka,” bunyi keterangan UEFA yang dikutip dari laman resmi mereka, Minggu 18 April 2021.

Sekadar informasi, dini hari tadi sebanyak 12 klub memutuskan keluar dari Asosiasi Klub Eropa (ECA). Mereka memutuskan bergabung dengan Liga Super Eropa yang merupakan tandingan Liga Champions.

Sebanyak 12 klub dipastikan ambil bagian di Liga Super Eropa. Mereka ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

BACA JUGA: 5 Fakta Liga Super Eropa, Kompetisi Tandingan Liga Champions

UEFA sedang mencari tiga klub tambahan sebagai pelengkap 15 klub permanen yang tampil di Liga Super Eropa. Kabarnya, tiga klub tambahan itu meliputi Bayern Munich, RB Leipzig dan FC Porto.

Total, ada 20 klub yang ambil bagian di Liga Super Eropa. Sebanyak 20 klub itu dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan 10 tim. Nantinya, 10 tim itu bertanding kandang dan tandang.

Real Madrid

(Real Madrid dan Liverpool pilih ikut Liga Super Eropa)

Tiga tim teratas dari masing-masing grup lolos otomatis ke perempatfinal Liga Super Eropa. Sementara itu, tim yang menduduki posisi empat dan lima akan melakoni babak playoff untuk mencari dua slot tersisa di perempatfinal Liga Super Eropa.

Kemudian, babak perempatfinal dan semifinal dilangsungkan dengan format kandang dan tandang. Barulah, partai puncak digelar satu laga, atau biasa dilangsungkan di tempat netral.

Berhubung semifinalis Liga Champions adalah PSG, Man City, Chelsea dan Real Madrid, akankah UEFA menyematkan trofi juara musim ini kepada Les Parisiens? Menurut jurnalis Italia, Fabrizio Romano, UEFA akan mengadakan rapat hari ini.

“Belum ada apa pun yang dinyatakan resmi atau dikonfirmasi tentang pertandingan Liga Champions dan Liga Eropa selanjutnya. Belum ada yang diputuskan. Pertemuan UEFA di jam-jam berikutnya akan memperjelas hal ini,” tulis jurnalis Italia, Fabrizio Romano, di akun Twitter-nya, @FabrizioRomano.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini