Share

Guardiola Akhirnya Bawa Man City ke Semifinal Liga Champions

Andika Pratama, Okezone · Kamis 15 April 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 261 2394943 guardiola-akhirnya-bawa-man-city-ke-semifinal-liga-champions-8eLTATBRUG.jpg Josep Guardiola dan stafnya (Foto: Reuters)

DORTMUND Manchester City melenggang ke semifinal Liga Champions 2020-2021. Keberhasilan itu memunculkan catatan apik untuk sang Pelatih, Josep Guardiola, karena dia untuk pertama kalinya mampu membawa The Citizens –julukan Man City– menjadi semifinalis kompetisi nomor satu di Benua Biru.

Man City merekrut Guardiola pada musim panas 2016 sebagai pengganti Manuel Pellegrini. Penunjukan Guardiola merupakan salah satu strategi Man City untuk mewujudkan impian mereka, yaitu menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya.

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Namun, keberadaan Guardiola tidak serta-merta membuat Man City menjadi raja di Liga Champions. Meski memiliki uang melimpah, Man City ternyata kesulitan untuk sekadar menembus semifinal pada era Guardiola.

Man City kalah pengalaman dan mental dari tim-tim tradisional Liga Champions, seperti Real Madrid, Barcelona, dan Liverpool. Dalam empat musim Guardiola, Man City gagal di babak 16 besar dan tiga kali beruntun gugur di perempatfinal.

BACA JUGA: Man City ke Semifinal Liga Champions 2020-2021, Pep Guardiola Siap Ukir Sejarah Baru

Catatan buruk itu putus pada musim ini. Guardiola akhirnya mampu membawa Man City menembus semifinal untuk pertama kalinya. Man City mendapatkan tiket semifinal setelah menyingkirkan tim kuat Jerman, Borussia Dortmund.

BACA JUGA: Daftar 4 Klub yang Lolos ke Semifinal Liga Champions 2020-2021

Tanda-Tanda Man City akan lolos ke fase selanjutnya telah terlihat sejak leg I di Etihad Stadium, Rabu 7 April 2021 silam. Meski bersusah payah, Man City mampu mengalahkan Dortmund dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan itu menjadi bekal berharga bagi Man City untuk tampil pada leg II di kandang Dortmund, Signal Iduna Park, Kamis (15/4/2021), dini hari WIB. The Citizens –julukan Man City– lagi-lagi mengalahkan Dortmund dengan skor tipis 2-1.

Man City pun melenggang ke semifinal dengan mengantongi kemenangan agregat 4-2 atas Dortmund. The Citizens akan melawan klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), di semifinal.

Kyle Walker dan Phil Foden (Foto: Reuters)

Leg I akan berlangsung di kandang PSG, Parc des Prince, Selasa 27 April 2021. Selanjutnya, Man City akan balik menjamu PSG di Etihad Stadium, Selasa 4 Mei 2021.

Jika mampu melewati hadangan PSG, Man City akan tampil di final Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. The Citizens pun semakin dekat dengan impian mereka, yaitu menjuarai kompetisi nomor satu di Benua Biru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini