Zidane Bocorkan Taktik Real Madrid untuk Taklukkan Liverpool

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 261 2390741 zidane-bocorkan-taktik-real-madrid-untuk-taklukkan-liverpool-0xJdxJduQT.JPG Real Madrid sukses taklukkan Liverpool 3-1 (Foto: Reuters/Susana Vera)

MADRID – Kemenangan mengesankan diraih Real Madrid atas Liverpool pada Leg I Perempatfinal Liga Champions 2020-2021, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. Pelatih Zinedine Zidane membocorkan taktik dan strateginya untuk meremukkan Liverpool.

Kemenangan Los Blancos atas Liverpool sungguh di luar dugaan. Pasalnya, Real Madrid tampil tanpa sejumlah personel kunci. Di lini belakang, mereka kehilangan duet Raphael Varane dan sang kapten Sergio Ramos. Sementara di depan, Eden Hazard menepi lantaran cedera.

Baca juga: Klopp Ledek Markas Sementara Madrid, Zidane Tak Peduli

Bukan Real Madrid namanya kalau tidak bisa keluar dari segala kesulitan. Zinedine Zidane dengan jeli meramu taktik untuk meremukkan Liverpool. Sadar timnya bakal menderita dengan counter pressing ala Jurgen Klopp, Los Merengues mengandalkan bola panjang untuk melancarkan serangan balik kilat.

Marco Asensio menjebol gawang Liverpool (Foto: UEFA)

Strategi tersebut terbukti jitu lagi mujarab. Dua dari tiga gol Real Madrid berasal dari skema serangan balik via bola direct ke wilayah pertahanan Liverpool. Tuan rumah dengan cerdik memanfaatkan garis pertahanan tinggi yang kerap dimainkan Si Merah.

Baca juga: Hajar Liverpool, Zidane: Real Madrid Belum Menang Apa-Apa

Berbicara usai pertandingan, Zinedine Zidane mengaku sudah tahu kebiasaan dua fullback Liverpool, Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson, naik hingga terlalu jauh untuk membantu serangan. Kebetulan pula, sisi sayap menjadi kelemahan Si Merah di laga itu.

“Kami bersiap dengan baik untuk pertandingan. Kami tahu kedua fullback mereka bertipe sangat menyerang dan kami bisa menderita. Kami bersiap dengan baik dan itu semua tergantung anak-anak di lapangan untuk melakukan tugasnya,” papar Zinedine Zidane, dilansir dari laman resmi Real Madrid, Rabu (7/4/2021).

Bukti kejeniusan Zizou tergambar dari perubahan taktik yang dilakukannya. Dalam beberapa pertandingan terakhir, Real Madrid memainkan skema berbeda. Pada laga melawan Liverpool, ia menerapkan kontra strategi dengan meniru formasi 4-3-3 milik Jurgen Klopp.

“Kami memang berkeinginan main dengan formasi 4-3-3 dan tetap mengacu pada apa yang sudah disiapkan,” lanjut Zinedine Zidane.

“Saya senang dengan anak-anak karena tidak mudah ketika Anda harus kehilangan pemain di menit-menit akhir,” tutupnya.

Real Madrid sukses bikin Liverpool mati kutu (Foto: UEFA)

Ya, Zinedine Zidane terpaksa mengubah sedikit rencananya lantaran Raphael Varane dinyatakan positif Covid-19 beberapa jam jelang laga. Untung saja, game plan yang sudah dirancang dan dimatangkan, mampu dieksekusi dengan sempurna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini