Mulai Setara UMR hingga Ratusan Juta, Segini Kisaran Gaji Pemain Persebaya Surabaya

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 05 April 2021 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 49 2389624 mulai-setara-umr-hingga-ratusan-juta-segini-kisaran-gaji-pemain-persebaya-surabaya-VH87mpiaMG.jpg Persebaya Surabaya (Foto: Laman resmi Persebaya)

SURABAYA – Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi, secara blak-blakan mengungkapkan besaran uang yang dikeluarkan klub untuk membayar gaji para pemainnya. Lewat kanal Youtube MAINBASKET, dilansir Senin (5/4/2021), Candra pun tidak menyangkal adanya pandemi membuat keuangan tim ikut terdampak.

Candra mengutarakan jika Persebaya pernah mengeluarkan uang ratusan juta hingga miliar untuk membayar para pemainnya. Menurutnya, besaran gaji para pemain asing dan lokal memiliki angka yang berbeda.

Persebaya Surabaya (Foto: Laman resmi Persebaya)

Untuk pemain asing, Candra mengatakan Persebaya bisa mengeluarkan angka Rp250 juta hingga Rp300 juta per bulan. Tentu saja itu, angka yang mewah karena jika dihitung selama semusim, maka satu pemain bisa menggondol uang hingga angka miliaran.

Baca juga Ditahan Persela, Persebaya Pastikan Tiket 8 Besar Piala Menpora 2021

“Kalau pemain asing, di kisaran Rp250 juta sampai Rp300 juta sebulan. Pemain yang di klub saya segitu, saya melihat sendiri. Kalau pemain lokal, saya pernah lihat sendiri di tim saya antara Rp130 juta sampai Rp150 juta,” ucap Candra, lewat akun Youtube MAINBASKET, Senin (5/4/2021).

Baca juga Persebaya Surabaya Waspadai Kekuatan Mental Madura United

“Itu belum bonus, mereka terima bersih sebulan. Secara umum di Indonesia, kontrak pemain tidak ada standarnya. Tergantung masing-masing klubnya seperti apa. Tapi, rata-rata yang umum itu dipakai sistem kontrak,” tambahnya.

“Jadi, kontrak satu tahun, misalnya nilainya Rp1 miliar. Itu kemudian dibagi menjadi 12 bulan. Atau bisa memberi DP (uang muka) dulu. Tergantung kesepakatannya. Ada juga yang tidak perlu DP, tinggal bayar tiap bulan,” lanjutnya.

Namun begitu, untuk pemain yang mendapatkan gaji Rp300 juta tidak ada di skuad Persebaya pada saat ini. Hal itu terbukti di Piala Menpora 2021, di mana klub berjuluk Bajul Ijo itu tidak memiliki pemain asing.

Tetapi, Candra menjelaskan, jika ada pemain yang mendapat gaji tinggi, maka ia adalah sosok penting untuk klub. Sementara untuk pemain yang mendapat pemain renah biasanya adalah mereka yang jarang bermain.

Persebaya Surabaya (Foto: Laman resmi Persebaya)

Khusus Persebaya, Candra menyebut bahwa klubnya pernah membayar pemain dengan harga terendah yakni Rp4 juta. Angka itu pun mengikuti upah mininal regional (UMR) Surabaya yang telah ditetapkan pemerintah.

“Sejak kami menangani tim, (gaji para pemain) selalu di atas UMR. Misalnya UMR di Surabaya Rp4 juta. Gaji pemain sepakbola terendahnya pasti di atas UMR. Pemain yang tidak pernah masuk line-up, gajinya sekira segitu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini