Makedonia Utara Hancurkan Rekor Apik yang Sudah Dijaga Timnas Jerman 20 Tahun

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 01 April 2021 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 51 2387913 makedonia-utara-hancurkan-rekor-apik-yang-sudah-dijaga-timnas-jerman-20-tahun-0ElYZic8Ct.JPG Timnas Jerman kalah 1-2 dari Timnas Makedonia Utara (Foto: Reuters)

DUISBURG – Timnas Jerman harus menelan luka lantaran tumbang dengan skor 1-2 kala menjamu Timnas Makedonia Utara di babak penyisihan Grup J kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Lebih menyakitkan lagi, kekalahan tersebut juga memutus catatan apik Der Panzer.

Hampir di sepanjang abad ke-21, Timnas Jerman sejatinya selalu menampilkan performa apik dalam babak kualifikasi Piala Dunia. Karena, terakhir kali mereka menelan kekalahan di kualifikasi Piala Dunia adalah pada 1 September 2001.

Baca juga: Inggris Jungkalkan Polandia di Wembley Stadium

Pada saat itu, Jerman berhadapan dengan Timnas Inggris di Munich. Meski tampil sebagai tuan rumah, namun gawang Der Panzer yang dikawal oleh Oliver Kahn justru menjadi lumbung gol.

Jerman vs Inggris 2001

Jerman tumbang dengan skor telak 1-5 dalam pertandingan tersebut. Adalah Michael Owen yang menjadi bintang di laga itu dengan mencetak hattrick. Sedangkan dua gol Inggris lainnya masing-masing dibukukan oleh Steven Gerrard dan Emile Heskey.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Inggris-Italia Raih Kemenangan, Jerman Merana

Sejak kekalahan pahit tersebut, Timnas Jerman pun berbenah dan melakukan revolusi. Terbukti, sejak saat itu Der Panzer tak pernah lagi merasakan kekalahan di babak kualifikasi Piala Dunia.

Rekor tersebut terjaga dengan baik selama 20 tahun dengan total 35 pertandingan. Barulah ketika Timnas Jerman berhadapan dengan Makedonia Utara pada 1 April 2021, catatan fantastis yang sudah mereka ukir itu harus terputus.

Dalam pertandingan yang berlangsung di MSV-Arena, Duisburg, semalam, Jerman tertinggal lebih dulu. Goran Pandev membuka keunggulan Makedonia Utara saat pertandingan memasuki masa injury time babak pertama.

Pada babak kedua, Jerman sebenarnya mampu menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Ilkay Gundogan di menit ke-63. Gol tersebut sempat membuka asa bagi Der Panzer untuk bangkit.

Jerman vs Makedonia Utara

Jerman seharusnya bisa berbalik unggul dan mungkin mengubah hasil akhir pertandingan seandainya Timo Werner tidak menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya pada menit ke-80. Sayangnya, sepakan Werner justru melebar. Padahal ia sudah berada di tengah kotak penalti dan tanpa pengawalan.

Pada akhirnya, justru Makedonia Utara yang mencetak gol di menit ke-85. Eljif Elmas sukses menaklukkan Marc-Andre ter Stegen. Dengan kekalahan ini, Jerman pun tertahan di posisi ketiga Grup J dengan koleksi enam poin. Mereka punya poin yang sama dengan Makedonia Utara yang ada di posisi kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini