Usai Gelar Kursus Pelatih, AFP Jabar Segera Jalankan Kompetisi Level Provinsi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 51 2375080 usai-gelar-kursus-pelatih-afp-jabar-segera-jalankan-kompetisi-level-provinsi-sFB66FWNO0.jpg AFP Jawa Barat. (Foto/AFP Jabar)

BANDUNG - Asosiasi Futsal Provinsi Jawa Barat mengadakan Kursus Pelatihan Pelatih AFC Futsal level 1 yang diselenggarakan di Bandung pada 2-7 Maret 2021. Tujuan kursus ini  tidak lain untuk meningkatkan kualitas SDM pelatih di Jawa Barat.

“Diselenggarakan kursus ini adalah, kuantitas di Jawa Barat SDM-nya bisa bertambah. Selain kuantitas, kursus ini diharapkan juga dapat menambah kualitas SDM Pelatih Jabar demi menunjang kompetisi Futsal di Jawa Barat,” ujar Ketua AFP Jawa Barat, Herman, S.Pd, AIFO-P. 

Baca juga: 5 Formasi Futsal Terbaik, Apa Saja?

Kursus ini merupakan salah satu dari sejumlah program pembinaan yang dirancang untuk 2021 ini. Menurutnya, perkembangan futsal yang sangat pesat di Jawa Barat membuat kepengurusan AFP Jawa Barat tetap mawas diri.  AFP Jawa Barat yang sejatinya menjadi kiblat perkembangan futsal bagi beberapa daerah tak melepaskan fokus program mereka untuk perkembangan futsal di Indonesia. 

Selanjutnya, tidak berhenti di kursus tersebut, AFP Jawa Barat sadar betul perlu wadah untuk menguji sampai di mana kemampuan dan pengetahuan SDM futsal di Jawa Barat setelah dikembangkan. Event Piala AFP Jawa Barat dan POR provinsi Jawa Barat menjadi ajang yang didorong untuk mematangkan kemampuan dan pengetahuan pelaku futsal di Jawa Barat. 

Baca juga: Mengenal Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Piala AFP Jawa Barat sejatinya adalah agenda tahunan AFP Jawa Barat sejak perdana digelar pada 2016 yang pesertanya merupakan AF-Kab/AF-Kota di Jawa Barat. Pada tahun ini, Piala AFP rencananya akan dihelat pada 3 – 7 April 2021. 

Pada 2021, AFP memberikan standar baru untuk setiap pelatih yang bertanding di kompetisi tersebut. AFP Jawa Barat mewajibkan setiap peserta untuk menggunakan pelatih kepala yang sudah berlisensi AFC Futsal Level 1. Sama halnya untuk ajang Porprov cabor Futsal yang rencananya dihelat 15 Juni 2021 juga wajib menggunakan Head Coach berlisensi AFC Futsal Level 1. 

Instruktur Utama pada Kursus Pelatihan Pelatih AFC Futsal level 1, Coach Andri Irawan menjelaskan pentingnya meningkatkan pengetahuan futsal terutama bidang kepelatihan.“Pentingnya pelatih mempunyai lisensi, yaitu untuk membina pemain dalam hal menjalankan metode dan proses latihan yang baik dan benar, karena pada saat kursus yang berlisensi pelatih di ajarkan dalam hal itu,” jelas dia. 

Dia menjelaskan, setiap kursus berlisensi ada tahapannya berdasarkan level, misalnya futsal level nasional, AFC Futsal level 1, level 2, level 3 dan pro license. Di mana setiap level berbeda materi atau kurikulumnya.

(Ram)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini