5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2021 per Maret

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 06 Maret 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 51 2373373 5-calon-peraih-trofi-ballon-dor-2021-per-maret-xZVOqqTa7k.jpg Ballon dOr (Foto: Twitter/@francefootball)

SALAH satu penghargaan paling bergengsi di dunia sepakbola, yaitu Ballon dOr, akan kembali menyapa penggemar si kulit bundar pada 2021 setelah tahun lalu tidak terselenggarakan. Beberapa nama tenar di dunia sepakbola pun masuk dalam daftar calon peraih trofi Ballon dOr per Maret.

Mereka berada dalam daftar itu setelah tampil apik untuk timnya masing-masing. Beberapa nama tradisional pun masuk dalam daftar kali ini. Berikut lima calon peraih trofi Ballon dOr per Maret, mengutip dari Sportskeeda, Sabtu (6/3/2021).

5. Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi (Foto: Reuters)

Performa kapten Barcelona, Lionel Messi, sempat tidak meyakinkan pada awal musim 2020-2021. Akan tetapi, La Pulga –julukan Lionel Messi– perlahan-lahan menemukan sentuhan terbaiknya kembali.

Lionel Messi kini memimpin daftar top skor Liga Spanyol musim ini dengan torehan 19 gol. Messi total membuat 24 gol dan sembilan assist pada musim ini.

Peningkatan performa pemain asal Argentina itu membantu Barcelona untuk kompetitif lagi di kompetisi domestik Spanyol. Jika bisa mempertahankan performa itu, Lionel Messi mungkin akan mendapatkan trofi Ballon dOr ketujuhnya.

4. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Megabintang Juventus sekaligus rival abadi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, pun masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak, pemain asal Portugal itu menjadi unsur terpenting dalam permainan Juventus sejak awal musim ini.

CR7 –julukan Cristiano Ronaldo– berkontribusi besar dalam hampir setiap kemenangan Juventus. Cristiano Ronaldo total mencatatkan 27 gol dan tiga assist untuk Juventus. Sebanyak 20 gol dibuat Cristiano Ronaldo di Liga Italia sehingga berhak memimpin daftar top skor sementara.

Ketajaman Cristiano Ronaldo membuat Juventus masih berpeluang menjadi juara Liga Italia, Coppa Italia, dan Liga Champions pada musim ini. Cristiano Ronaldo pun berpeluang besar meraih trofi Ballon dOr keenamnya dengan performa saat ini.

3. Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Robert Lewandowski (Foto: Reuters)

Penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski, tengah naik daun dalam dua musim terakhir ini. Performa apik Lewandowski membantu Bayern untuk meraih enam gelar juara sepanjang 2020.

Lewandowski dianggap layak menerima Ballon dOr jika penghargaan itu diselenggarakan pada tahun lalu. Akan tetapi, sebagai gantinya, Lewandowski terpilih menjadi Pemain Terbaik FIFA 2020.

Performa Lewandowski tidak menurun pada musim ini. Pemain berumur 32 tahun itu telah mencetak 38 gol dan delapan assist untuk Bayern di seluruh kompetisi. Sebanyak 28 gol diukir Lewandowski di Liga Jerman sehingga menempatkannya di posisi pertama dalam daftar top skor sementara. Apabila performa Lewandowski tidak menurun, dia mungkin mendapatkan trofi Ballon dOr pertama dalam kariernya.

2. Kylian Mbappe (Paris Saint Germain)

Kylian Mbappe (Foto: Reuters)

Posisi kedua dalam daftar ini ditempati oleh pemain Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe. Pemain berumur 22 tahun itu tampil luar biasa untuk PSG. Dia telah membuat 23 gol dan tiga assist di seluruh kompetisi pada musim ini. Mbappe pun memimpin daftar top skor sementara Liga Prancis dengan torehan 18 gol. Peforma Mbappe merupakan kunci hasil apik yang diraih PSG dalam setiap pertandingan.

1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Kevin De Bruyne (Foto: Reuters)

Manchester City tampil dominan di setiap kompetisi yang diikuti mereka pada musim ini. Kedigdayaan Man City merupakan buah dari penampilan apik sang gelandang andalan, Kevin de Bruyne.

Pemain asal Belgia itu menjadi kunci permainan Man City. Aksi De Bruyne di lini tengah membantu Man City untuk membongkar pertahanan lawan. Dia sudah membuat tiga gol dan 16 assist di seluruh kompetisi musim ini. Seandainya mampu membawa Man City meraih banyak trofi pada musim ini, trofi Ballon dOr mungkin akan berada di genggaman De Bruyne untuk pertama kalinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini