Timnas Indonesia U-23 Gagal Uji Coba, Plt Sekjen PSSI Beri Penjelasan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 51 2371897 timnas-indonesia-u-23-gagal-uji-coba-plt-sekjen-pssi-beri-penjelasan-EhpBaxY3aH.jpg Timnas Indonesia U-23 berlatih (Foto: PSSI)

JAKARTA Timnas Indonesia U-23 seharusnya dijadwalkan melakukan pertandingan uji coba melawan PS Tira Persikabo pada Rabu (3/3/2021) sore WIB. Akan tetapi, pertandingan tersebut batal digelar karena tidak mendapat izin dari Mabes Polri.

Para pemain dari kedua kesebelasan padahal sudah datang ke Stadion Madya, Jakarta, sekitar satu jam sebelum laga. Akan tetapi, karena tidak mendapatkan izin, para pemain dan staf dari kedua tim pun diminta untuk kembali ke penginapan masing-masing.

Baca juga: Penyebab Laga Timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo Batal Digelar, Ini Penjelasan Lengkap Kepolisian

Menanggapi hal ini, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menerangkan bahwa izin tidak bisa diberikan karena pengajuannya dilakukan secara mendadak. Disebutkan bahwa pihak kepolisian baru mendapat surat permohonan untuk izin pertandingan pada pagi hari sebelum pertandingan.

Timnas Indonesia U-23

"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan. Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,'' ujar Yunus Nusi, dikutip dari laman PSSI.

Baca juga: Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-23 vs PS Tira Persikabo Batal, Cuitan Bali United Bikin Ngakak

Timnas Indonesia U-23 sendiri sebenarnya sudah menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya sejak awal Februari 2021. Akan tetapi, dalam kurun waktu tersebut belum ada pertandingan uji coba yang dilakukan.

Sementara itu, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengharapkan adanya uji coba dengan klub Liga 1 untuk menakar kemampuan skuadnya. Apalagi Garuda Muda ditargetkan untuk meraih medali emas dalam gelaran SEA Games 2021.

''Jadi memang tim ini butuh uji coba. Itu sebabnya Pelatih Shin Tae-yong menjadwalkan uji coba dengan klub Liga 1 agar tim lebih berkembang karena timnas Indonesia ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021," sebut Yunus Nusi.

“Untuk itu, sambil menunggu proses administrasi perizinan, kami menyiapkan pertandingan uji coba sesuai roadmap pelatih Shin Tae-yong. Namun, sampai dengan satu jam menjelang kick-off, kami belum mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Untuk langkah selanjutnya, PSSI akan terus melakukan koordinasi dengan Mabes Polri,” sambungnya.

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sendiri berharap agar batalnya pertandingan uji coba ini hanyalah penundaan semata. Karena ia butuh mengukur kemampuan para pemainnya dengan bertanding melawan tim lain.

“Saya harap ini hanya ditunda. Tim ini butuh uji coba. Apalagi target PSSI ialah merebut medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam,’’ terang pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini