Sadar Masa Depannya di Barcelona Terancam, Begini Jawaban Ronald Koeman

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 46 2371638 sadar-masa-depannya-di-barcelona-terancam-begini-jawaban-ronald-koeman-HXPmj6YD7Q.jpg Ronald Koeman (Foto: Albert Gea/REUTERS)

BARCELONA – Ronald Koeman akhirnya buka suara soal kelanjutan karier kepelatihannya bersama Barcelona. Koeman pun mengaku tidak terlalu memikirkan perihal tersebut, dan memilih fokus untuk membantu tim asuhannya memetik hasil positif di laga-laga berikutnya.

Sebagaimana diketahui, Koeman sendiri memang resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona jelang musim 2020-2021 dimulai. Manajemen Barcelona menunjuk Koeman sebagai pelatih guna menggantikan peran Quique Setien yang dinilai gagal.

Pada awal kiprah Koeman sebagai pelatih Barcelona, ia memang gagal menunjukkan performa mengesankan. Bahkan Barca harus rela menutup tahun 2020 dengan menempati posisi keenam pada klasemen Liga Spanyol musim ini.

Ronald Koeman

Akan tetapi perlahan tapi pasti, Barcelona pun mulai menunjukkan performa mengesankan di segala kompetisi yang mereka ikuti pada musim ini. Bahkan di Liga Spanyol 2020-2021, Barca mampu melalui enam pertandingan terakhir mereka tanpa tersentuh kekalahan.

Baca Juga: Guardiola Merasa Bersalah Eric Garcia Mau Hengkang ke Barcelona

Bahkan dalam pertandingan teranyar, Barca berhasil memetik kemenangan kala bertandang ke markas Sevilla. Dalam pertandingan tersebut, Barca mampu menang dengan skor akhir 2-0 melalui gol-gol Ousmane Dembele (29’) dan Lionel Messi (85’).

Meski begitu, bukan berarti posisi Koeman sebagai pelatih Barca masih aman-aman saja pada saat ini. Terlebih dengan adanya fakta bahwa Barca kemungkinan besar tersingkir dari Liga Champions 2020-2021 usai takluk 1-4 dari Paris Saint-Germain (PSG) di leg pertama babak 16 besar.

Terlebih setelah eks Presiden Barca, Jose Maria Bartomeu, diciduk pihak berwajib usai terbukti melakukan korupsi. Padahal, Bartomeu adalah Presiden Barca yang menunjuk Koeman sebagai juru taktiknya pada musim panas kemarin.

Ronald Koeman

Koeman pun akhirnya memberikan jawaban mengenai spekulasi masa depannya bersama Barca. Koeman sendiri mengaku tidak terlalu memusingkan rumor tersebut, dan memilih untuk tetap fokus mengarsiteki Barca saat ini.

Baca Juga: Barcelona Banyak Utang, Tidak Realistis Rekrut Mbappe atau Haaland

“Saya belum bicara dengan siapa pun (calon Presiden Barca). Kami harus menunggu siapa yang akhirnya yang berada di sana, dan bagaimana rencananya,” jelas Koeman, sebagaimana dilaporkan oleh Sport, Rabu (3/3/2021).

“Apabila saya tidak melihat masa depan bagi saya, maka kami akan menghadapi masalah. Pasalnya, saya masih punya satu tahun sisa dalam kontrak. Namun untuk saat ini, fokus saya membantu Barcelona meraih hasil maksimal di laga-laga berikutnya,” imbuh pelatih berusia 57 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini