Formasi Persib Bandung jika Stefano Lilipaly dan Rizky Pellu Bergabung

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 49 2370902 formasi-persib-bandung-jika-stefano-lilipaly-dan-rizky-pellu-bergabung-cTQS2YuEBd.jpg Stefano Lilipaly (tengah) saat bela Timnas Indonesia di Asian Games 2018. (Foto: PSSI)

BANDUNG – Nama Stefano Lilipaly dan Rizky Pellu kencang dikabarkan segera gabung Persib Bandung untuk mengarungi turnamen Piala Menpora dan Liga 1 2021. Namun, mendengar kabar di atas, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menanggapinya dengan santai.

“Ya ada banyak rumor, saya sering mendengar banyak rumor. Biarkanlah rumor tetap menjadi rumor. Katanya Made (Wirawan) tidak jadi bagian dari tim lagi, Dhika juga tidak lagi berada di tim, itu semua hanyalah rumor,” kata Robert Rene Alberts, Okezone mengutip dari Simamaung, Selasa (2/3/20211).

Stefano Lilipaly

(Stefano Lilipaly saat bela Timnas Indonesia di Asian Games 2018)

Sebenarnya, Persib Bandung membutuhkan tenaga tambahan di lini sentral. Sebab, mereka baru saja kehilangan enam pemain, yang mana dua di antaranya berposisi sebagai gelandang, yakni Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Dipercaya, posisi Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan dapat digantikan secara maksimal oleh Stefano Lilipaly dan Rizky Pellu. Terlebih untuk Lilipaly, kontraknya bersama Bali United telah berakhir pada 31 Desember 2020. Jika Stefano Lilipaly dan Rizky Pellu benar bergabung, pola apa yang akan digunakan pelatih Persib, Robert Rene Alberts?

Di Liga 1 2020, Robert mengandalkan formasi 4-4-2. Pola itu dipilih karena mereka mempunyai duet mematikan di lini depan atas nama Geoffrey Castillion dan Wander Luiz.

BACA JUGA: Robert Alberts Angkat Bicara Rumor Rizky Pellu ke Persib dan Kepergian Kim Jeffrey Kurniawan

Namun, kondisinya berbeda saat ini. Geoffrey Castillion tengah dipinjamkan ke klub kasta ketiga Liga Italia, Como. Kabarnya, jika Como puas dengan kinerja Geoffrey Castillion, mereka memiliki opsi untuk mempermanenkan penyerang berpaspor Belanda tersebut.

Berhubung cuma memiliki Wander Luiz di lini depan, pelatih Robert kemungkinan mengandalkan pola yang digunakannya di Liga 1 2019, yakni 4-2-3-1. Dalam pola tersebut, posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Teja Paku Alam.

Wander Luiz

(Wander Luiz, bomber tajam Persib Bandung. (Foto: @persib)

Kemudian, empat bek sejajar diisi kapten Supardi Nasir, Nick Kuipers, Victor Igbonefo dan Ardi Idrus. Untuk gelandang double pivot, Rizky Pellu dan Achmad Jufriyanto akan beroperasi di sana.

Selanjutnya, Febri Hariyadi bergerak sebagai winger kanan dan Esteban Vizcarra di sisi sebelahnya. Bagaimana dengan Stefano Lilipaly? Ia akan berperan sebagai playmaker, mendukung Wander Luiz yang bergerak sebagai penyerang tunggal.

Berikut prakiraan formasi Persib Bandung:

(4-2-3-1): Teja; Supardi, Kuipers, Igbonefo, Idrus; Jufriyanto, Pellu; Febri, Vizcarra, Lilipaly; Wander Luiz.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini