Terkendala Aturan, Arema FC Kemungkinan Tak Gunakan Pelatih Asing di Piala Menpora 2021

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 49 2370121 terkendala-aturan-arema-fc-kemungkinan-tak-gunakan-pelatih-asing-di-piala-menpora-2021-6nSgnswhOr.jpg Mantan pelatih Persija, Sergio Farias, dibidik Arema FC. (Foto: Persija.id)

MALANG - Arema FC tampaknya akan menggunakan pelatih lokal di gelaran Piala Menpora 2021. Sebab, kedatangan pelatih asing baru yang sedianya direncanakan bisa cepat terkendala aturan imigrasi. Pandemi COVID-19 membuat imigrasi melarang Warga Negara (WNA) yang belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) masuk Indonesia.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, mengungkapkan sebenarnya telah mengantongi nama pelatih asing baru yang berlisensi A Pro dan berasal dari Amerika Selatan. Namun, pelatih asing anyar ini terkendala administrasi untuk bisa masuk ke Indonesia selama aturan untuk WNA belum dicabut, pihaknya mempercayakan ke pelatih lokal untuk mengarsiteki Singo Edan.

Arema FC

"Kalau memang pelatih asing belum bisa datang hingga Piala Menpora diputar, maka kami akan menyerahkan kepelatihan pada para asisten pelatih. Kami berikan kepercayaan pada Kuncoro, Singgih Pitono, Siswantoro, dan pelatih kiper Felipe Americo untuk membawa tim ini,” ungkap Ruddy Widodo, kepada awak media pada Senin (1/3/2021).

Namun, Ruddy menyebut masih mencari alternatif selain menggunakan pelatih lokal, pihaknya tengah berusaha menggaet pelatih asing yang telah berada di Indonesia dan memegang KITAS yang aktif.

BACA JUGA: Teguh Amiruddin Bertahan di Arema FC Jelang Piala Menpora 2021

Menurutnya, pelatih-pelatih asing yang musim 2020 lalu melatih tim Indonesia dan tidak pulang pasti masih aktif KITAS-nya. Karenanya, pelatih-pelatih itu bisa dipertimbangkan.

“Sebenarnya di Piala Menpora ini tidak ada syarat macam-macam untuk pelatih kepala. Tapi, kami berpikir jauh ke depan untuk kompetisi, tidak cuma dipakai untuk pramusim saja. Pelatih asing yang masih ada di Indonesia bisa menjadi solusi, asalkan KITAS-nya aktif dan punya lisensi A Pro,” tuturnya.

Sergio Farias

(Sergio Farias dibidik Arema FC)

Meski demikian, pria asal Madiun ini berharap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru bisa menyelesaikan persoalan izin KITAS di Keimigrasian ini.

Sebagai informasi nama pelatih asing baru Arema FC santer dibicarakan. Singo Edan dikait-kaitkan dengan nama mantan pelatih Persija Jakarta Sergio Farias hingga Eduardo Almeida yang mencoba didekati manajemen. Namun, belum ada kepastian apakah nama-nama itu yang akan mengisi slot pelatih kepala Arema FC di Piala Menpora 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini