5 Trofi Ballon dOr Dimenangkan Cristiano Ronaldo, Mana yang Paling Sensasional?

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 51 2369023 5-trofi-ballon-dor-dimenangkan-cristiano-ronaldo-mana-yang-paling-sensasional-NfVCMqX7Xu.jpg Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)

SOSOK Cristiano Ronaldo sudah diperhitungkan lebih di dunia sepakbola dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi karena karier gemilang yang berhasil diukirnya hingga bisa merebut banyak trofi bergengsi.

Dalam karir termasyhur selama hampir dua dekade, Ronaldo yang telah mencetak banyak gol dan memenangkan banyak gelar bersama klub dan negara dianugerahi penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah Ballon dOr.

BACA JUGA: 5 Pemenang Trofi Ballon dOr dengan Usia Tertua, Nomor 1 Tembus 41 Tahun

BACA JUGA: 5 Pesepakbola yang Tak Disangka Bisa Raih Trofi Ballon dOr 2021

Total, ada lima trofi yang sudah didapat Ronaldo. Dari lima trofi itu, mana yang paling sensasional? Berikut ketahui lebih detail soal lima trofi Ballon dOr milik Cristiano Ronaldo.

5. Ballon d'Or 2013

Salah satu momen Cristiano Ronaldo menyabet penghargaan individual Ballon dOr adalah pada 2013. Musim itu, penyerang asal Portugal tersebut memenangkan gelar bergengsi tersebut usai mencetak gol yang luar biasa.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menyelesaikan 2013 tanpa memenangkan gelar juara, tetapi dia mencetak gol-gol yang luar biasa. Dengan begitu, gelar Ballon d'Or 2013 itu yang paling tidak mengesankan bagi Ronaldo.

Pemain andalan Portugal itu menyelesaikan musim itu sebagai pencetak gol paling produktif dengan 69 gol untuk klub dan negara. Penghitungan itu termasuk delapan hattrick yang mengejutkan, meskipun pemain itu berjuang dengan cedera di paruh kedua musim.

4. Ballon d'Or 2008

Selain itu, Ronaldo juga menyabet trofi Ballon dOr pada 2008. Kepahlawanan Cristiano Ronaldo bersama Manchester United pada musim itu membuatnya memenangkan penghargaan Ballon d'Or pertamanya.

Cristiano Ronaldo

Musim itu, Ronaldo memang benar-benar tampil luar biasa bersama Man United. Dia membantu Man United meraih gelar ganda yang mengesankan di Liga Inggris dan Liga Champions, sembari juga meraih Sepatu Emas domestik dan Eropa.

Baru berusia 23 tahun pada saat itu, Cristiano Ronaldo akhirnya tumbuh dewasa dan berubah menjadi pemain terbaik di dunia. Hal ini terjadi karena produktivitasnya. Ini tentu saja bisa jadi salah satu penghargaan Ballon dOr berkesan untuk Ronaldo.

3. Ballon d'Or 2014

Ronaldo berhasil mempertahankan bentuknya yang fantastis pada 2013 ke tahun berikutnya. Pada 2014, ia kembali berhasil menggondol trofi Ballon dOr.

Cristiano Ronaldo

Musim itu, dia benar-benar menunjukkan kontribusi besar kepada Real Madrid hingga Liga Spanyol, Piala Super UEFA, hingga Piala Dunia Klub. Cristiano Ronaldo juga memenangkan Sepatu Emas Liga Spanyol karena mencetak gol liga terbanyak musim itu.

Tidak seperti tahun sebelumnya, tidak ada kontroversi tentang kemenangannya karena Cristiano Ronaldo menang dengan lebih dari 2 kali jumlah suara yang dikantongi oleh Lionel Messi. Penggawa Barcelona itu pun akhirnya hanya yang berada di posisi kedua.

2. Ballon d'Or 2016

Berikutnya adalah Ballon d'Or 2016. Cristiano Ronaldo mengakui bahwa 2016 adalah tahun terbaiknya sebagai pesepakbola profesional. Musim ini sangat spesial untuk Cristiano Ronaldo karena memenangkan dua gelar terbesar, yakni Liga Champions dan Kejuaraan Eropa.

Cristiano Ronaldo

Dia memainkan peran kunci dalam turnamen tersebut. Untuk Real madrid, dia bersinar cemerlang dengan mencetak 36 gol. Untuk Timnas Portugal, kontribusi terbaiknya datang dengan mencetak 16 gol.

1. Ballon d'Or 2017

Terakhir, ada trofi Ballon dOr 2017. Ini bisa dibilang jadi trofi paling mengesankan untuk Ronaldo. Sebab, dia tampil benar-benar gemilang dan membuktikan kualitasnya sebagai pemain terbaik di dunia.

Cristiano Ronaldo total mencetak 40 gol untuk klub dan 11 gol untuk Timnas Portugal di sepanjang 2017! Dengan koleksi gol itu, dia bisa menyabet lima gelar juara bergengsi sekaligus!

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo memainkan peran kunci dalam kesuksesan timnya meraih gelar Liga Spanyol dan Liga Champions pada musim 2016-2017. Los Blancos mengikutinya dengan memenangkan Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub.

Ronaldo berjuang dengan cedera tahun itu, tetapi masih menghasilkan penampilan yang luar biasa. Apalagi di laga-laga besar, tak ada yang bisa menghentikan jimat nomor 7 itu yang mencetak gol di tiga final tahun itu, termasuk Liga Champions.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini