Berkarier di Korea, Asnawi Dapat Wejangan dari Shin Tae-yong

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 51 2364906 berkarier-di-korea-asnawi-dapat-wejangan-dari-shin-tae-yong-0YOXCBW5jJ.jpg Asnawi Mangkualam resmi memperkuat Ansan Greeners (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)

ANSAN – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, boleh dibilang punya andil atas bergabungnya Asnawi Mangkualam Bahar ke klub divisi dua Liga Korea Selatan, Ansan Greeners FC. Diakui Asnawi, sang pelatih memberikan wejangan kepadanya sebelum berangkat ke Negeri Ginseng.

Seperti diketahui, Asnawi Mangkualam Bahar direkrut oleh Ansan Greeners sejak akhir Januari 2021. Ia diboyong ke Ansan, Pulau Jeju, atas rekomendasi dari Shin Tae-yong.

Baca juga: Gabung Ansan Greeners, Asnawi Ingin Buktikan Layak Bermain di Luar Negeri

Dalam wawancara bersama media Sports-G, Asnawi Mangkualam mengaku mendapat nasihat penting dari Shin Tae-yong sebelum terbang ke Korea Selatan. Salah satu nasihat itu adalah terus bekerja keras.

Asnawi Mangkualam Bahar sudah mulai berlatih (Foto: Sports-G)

“Dia berpesan agar saya di sana (Korea Selatan) harus bekerja keras, disiplin, harus lebih bagus lagi, dan pertahankan karakter yang sudah dijalani selama di Indonesia,” papar Asnawi Mangkualam, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Pelatih Komentari Latihan Perdana Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

Ketika disinggung soal mengapa dirinya seakan menjadi pemain kesukaan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam Bahar kesulitan menjelaskan alasannya. Ia menduga kesukaan tersebut lantaran sikap pantang menyerah dan karakter pekerja keras yang ada dalam dirinya.

“Saya tidak tahu coach Shin Tae-yong suka sama saya karena apa. Saya kalau berlatih harus 100%, mungkin itu penilaian coach kepada saya,” lanjut pemain kelahiran Makassar tersebut.

Asnawi Mangkualam sendiri sudah mulai berlatih bersama rekan setimnya pada Kamis 18 Februari 2021 siang waktu setempat. Kendati sudah tiba di Korea Selatan sejak awal Februari, pemain berusia 21 tahun itu diminta menjalani periode isolasi mandiri sebagai tindakan preventif di tengah pandemi Covid-19.

Pada latihan perdana itu, Pelatih Ansan Greeners Kim Gil-sik mengungkapkan kesan positif terhadap Asnawi Mangkualam. Sang juru taktik berjanji untuk terus memantau perkembangan anak asuhnya sembari membantu beradaptasi.

Asnawi Mangkualam Bahar

“Saya sudah menyaksikan latihan perdananya. Saya harus lebih banyak memantau bagaimana dia berlatih. Namun, dari jumlah aktivitas dan pergerakannya sebagai pemain, tampak bagus,” papar Kim Gil-sik, dikutip dari Sports-G.

“Timnas Indonesia dilatih orang Korea (Shin Tae-yong), jadi dia pasti cukup sering mendengar tentang sepakbola Korea. Saya ingin membantunya secara bertahap lewat pertemuan-pertemuan,” tukas Kim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini