Sikat Juventus 2-1, Pelatih FC Porto Klaim Strateginya Lebih Unggul

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 261 2364061 sikat-juventus-2-1-pelatih-fc-porto-klaim-strateginya-lebih-unggul-bkB9PAnheJ.JPG Sergio Conceicao memberi instruksi (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

PORTO – Pelatih FC Porto, Sergio Conceicao, menyebut strategi yang dirancang dengan baik, sebagai kunci mengalahkan Juventus pada leg I babak 16 Besar Liga Champions 2020-2021. Seluruh titik yang menjadi kekuatan lawan, berhasil diredam dengan baik.

Pada laga tersebut, FC Porto menggeber formasi 4-4-2, sama seperti Juventus dengan maksud meniru permainan lawan. Tak hanya itu, Os Dragoes diinstruksikan untuk berani menekan sejak dari lini depan guna memaksa pemain-pemain belakang Juventus melakukan kesalahan.

Baca juga: Tenang Fans Juventus, Cristiano Ronaldo Biasa Unjuk Gigi di Leg II Babak 16 Besar Liga Champions

Hasilnya, Mehdi Taremi sukses menjebol gawang Wojciech Szczesny pada menit pertama, memanfaatkan kesalahan Rodrigo Bentancur. Sedangkan pada gol kedua, FC Porto mengacak-acak lini belakang Juventus yang masih dalam transisi dari menyerang ke bertahan.

Juventus bertekuk lutut (Foto: Reuters)

Strategi menutup semua jalur serangan Juventus terbukti jitu pada akhir laga. FC Porto sukses mencuri kemenangan dengan skor 2-1. Selepas pertandingan, Sergio Conceicao memuji anak asuhnya yang berhasil menetralisir Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Baca juga: Juventus Takluk 1-2 dari Porto, Cristiano Ronaldo Murka Tak Diberi Penalti

“Kami menekan semua titik kekuatan Juventus, termasuk Adrien Rabiot di tengah, sedangkan (Federico) Chiesa sangat pandai dalam memotong ke dalam dan melewati penjaganya, (Cristiano) Ronaldo sangat luar biasa di kotak penalti,” terang Sergio Conceicao, dikutip dari Football Italia, Kamis (18/2/2021).

“Porto dari sisi strategi unggul malam ini. Namun, kami masih setengah jalan. Kami harus tetap sekuat ini di setiap momen dalam pertandingan untuk mencapai perempatfinal,” sambung pria berpaspor Portugal itu.

Kemenangan tipis 2-1 sesungguhnya masih berbahaya bagi FC Porto. Sebab, Juventus hanya perlu menang dengan skor 1-0 pada leg kedua di Turin pada 10 Maret 2021 dini hari WIB.

Sergio Conceicao jelas sadar Juventus bakal habis-habisan saat bermain di kandang sendiri. FC Porto disebutnya harus memperkuat lini belakang. Namun, bukan berarti Mehdi Taremi dan kawan-kawan akan diinstruksikan lebih bertahan pada leg kedua.

Suasana laga FC Porto vs Juventus (Foto: Reuters)

“Kami butuh bertahan dengan lebih ketat dan kemudian memanfaatkan kesalahan lawan. Juventus bakal menjadi pihak yang mengejar hasil, tetapi bukan berarti kami pergi ke Turin dan hanya bertahan. Lagipula, kami akan kebobolan dengan cara itu,” papar Conceicao.

“Kami akan terus mempelajari Juventus dan mempersiapkan diri karena ingin mencapai babak perempatfinal,” tegas mantan gelandang Lazio tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini