Daftar Pemain Naturalisasi yang Pernah Bela Persib Bandung, Ada Cristian Gonzales

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 49 2363573 daftar-pemain-naturalisasi-yang-pernah-bela-persib-bandung-ada-cristian-gonzales-LIvnnza0EM.jpg Cristian Gonzales (Foto: Okezone)

KIPRAH para pesepakbola asing yang berpindah ke kewarganegaraan Indonesia seringkali mendapat sorotan. Pesepakbola yang kerap disebut pemain naturalisasi ini akan mendapat perhatian lebih karena dianggap memiliki kemampuan yang lebih dari pemain lokal.

Persib Bandung sebagai klub yang ternama di Tanah Air pun tak luput dalam merekrut pemain naturasliasi. Bahkan mereka memiliki daftar panjang pemain naturalisasi yang pernah memperkuat skuad Maung Bandung -julukan Persib Bandung.

Baca juga Persib Bandung Tak Perpanjang Kontrak Fabiano Beltrame dan Zulham Zamrun

Pemain naturalisasi yang paling tersohor adalah Cristian Gonzales. Ia menjadi pemain naturalisasi pertama Persib dan memperkuat asal Bandung tersebut pada musim 2008-2009.

Cristian Gonzales

Gonzales telah mendapatkan status sebagai warga negara Indonesia pada 1 November 2010. Sebelum berkebangsaan Indonesia, ia adalah pemain berpaspor Uruguay.

Sergio van Dijk

Lalu ada nama Sergio van Dijk. Ia adalah pemain asal Belanda kelahiran Assen 6 Agustus 1982. Namun, pada 2012, pemain berdarah Maluku-Belanda ini memutuskan mejadi WNI.

Baca juga Persib Bandung Harap Liga 1 2021 Bergulir pada Agustus

Setahun setelah menjadi WNI, Van Dijk kemudian bergabung dengan Persib untuk berlaga di Indonesia Super League (ISL) pada 2013. Pada tahun pertamanya bersama Persib, Sergio telah langsung moncer dengan menyumbangkan 21 gol.

Berikutnya ada Kim Jeffrey Kurniawan yang memutuskan menjadi WNI pada 2010. Pemain berdarah Jerman itu merapat ke Persib sejak 2016 dan masih menjadi pemain Maung Bandung hingga musim ini.

Kim Jeffrey Kurniawan

Selain itu, ada nama Raphael Guilermo Eduardo Maitimo. Pemain asal Belanda namun berdarah Mingkabau ini pernah menjadi pemain Persib untuk memperkuat klub tampil di ajang Liga 1 2017.

Raphael Maitimo

Ada pula Victor Igbonefo yang merupakan pemain naturalisasi asal Nigeria dan menjadi WNI pada 10 Oktober 2010. Bergabung pada 2018, ia masih menjadi pemain Persib hingga saat ini. Namun begitu, pada 2019, ia sempat hijrah dari Persib dan bergabung dengan klub Liga Thailand, PTT Rayong.

Victor Igbonefo

Selanjutnya ada Esteban Gabriel Vizcarra. Ia resmi menjadi WNI pada Maret 2018 dan bergabung dengan Persib pada 2019. Hingga musim ini, pemain kelahiran Argentina itu masih menjadi bagian dari skuad Persib.

Esteban Vizcarra

Terakhir ada Fabiano Da Rosa Beltrame. Untuk saat ini, ia menjadi pemain terakhir Persib yang berstatus sebagai naturalisasi. Pemain asal Brasil itu resmi menyandang status sebagai WNI pada Desember 2019.

Fabiano Beltrame

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini