Chelsea vs Newcastle United, Penyerang The Blues Lagi-Lagi Mandul?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 45 2362477 chelsea-vs-newcastle-united-penyerang-the-blues-lagi-lagi-mandul-KyEVxMrLZn.jpg Thomas Tuchel dongkrak hasil Chelsea. (Foto: REUTERS/Clive Mason)

LONDON Chelsea akan menjamu Newcastle United di pekan ke-24 Liga Inggris 2020-2021, Selasa 16 Februari 2021 dini hari WIB. Melihat performa yang ditunjukkan The Blues –julukan Chelsea– semenjak ditangani Thomas Tuchel, Chelsea di atas kertas mampu mengalahkan Newcastle United.

Dalam empat laga Liga Inggris 2020-2021 di bawah asuhan Thomas Tuchel, Chelsea mendapatkan tiga menang dan satu imbang. Setelah bermain 0-0 kontra Wolverhampton Wanderers, Chelsea menang 2-0 atas Burnley, menumbangkan Tottenham Hotspur 1-0 dan menghajar Sheffield United 2-1.

Thomas Tuchel

(Thomas Tuchel dongkrak performa Chelsea)

Namun, di balik rentetan hasil positif di atas, ada satu catatan minor. Catatan minor yang dimaksud adalah kegagalan penyerang Chelsea membobol gawang lawan.

Dari lima gol yang dibuat dalam empat laga terkini di Liga Inggris 2020-2021, tak ada satu pun dari kaki dan kepala pemain depan si Biru. Padahal, pelatih Thomas Tuchel selalu menurunkan pemain depan di setiap pertandingan.

Ketika menghadapi Wolverhampton, Olivier Giroud yang dipercaya. Kemudian saat menghadapi Burnley ada Tammy Abraham, Tottenham Hotspur (Timo Werner dan Callum Hudson-Odoi) serta Sheffield United (Giroud).

BACA JUGA: Sama-Sama Gunakan 3-4-2-1, Thomas Tuchel Bawa Chelsea Juara Liga Inggris Layaknya Conte?

Meski begitu, nama Tammy Abraham kemungkinan besar dipercaya pelatih Thomas Tuchel di laga Chelsea vs Newcastle. Sebab, penyerang berpaspor Inggris menjadi penyerang pertama Chelsea yang mencetak gol semenjak ditangani Thomas Tuchel.

Hanya saja, Tammy Abraham tidak mencetak gol di ajang Liga Inggris, melainkan Piala FA. Saat itu menghadapi Barnsley di babak 16 besar Piala FA 2020-2021, gol tunggal kemenangan Chelsea dicetak Tammy Abraham.

Tammy Abraham

(Tammy Abraham bisa jadi andalan Thomas Tuchel)

Bagaimana dengan Timo Werner? Didatangkan dari RB Leipzig seharga 53 juta euro, Timo Werner kesulitan mencetak gol. Dari 22 pertandingan di Liga Inggris 2020-2021, Werner baru mengemas empat gol.

Karena itu, jangan heran jika Thomas Tuchel memercayakan posisi ujung tombak kepada Tammy Abraham dalam pola 3-4-3. Pola ini mengingatkan Chelsea ketika meraih kejayaan di bawah asuhan pelatih asal Italia, Antonio Conte.

Saat itu, Antonio Conte membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris 2016-2017 dengan koleksi 93 angka, unggul tujuh poin dari Manchester United di tempat kedua. Bahkan Chelsea pernah mencatatkan 13 kemenangan beruntun di musim tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini