Juventus Kalah Gara-Gara Penalti, Pirlo Keluhkan Kinerja Wasit

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 04:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 14 47 2361636 juventus-kalah-gara-gara-penalti-pirlo-keluhkan-kinerja-wasit-YrKrz1oqfw.JPG Andrea Pirlo mempertanyakan kinerja wasit (Foto: Reuters/Ciro De Luca)

NAPLES – Pil pahit harus ditelan Juventus ketika disikat Napoli dengan skor 0-1 pada giornata 22 Liga Italia 2020-2021, Minggu (14/2/2021) dini hari WIB. Hasil negatif itu memunculkan keluhan dari Andrea Pirlo terkait kinerja wasit yang memimpin pertandingan, Daniele Doveri.

Satu-satunya gol pada laga itu dihasilkan dari titik penalti pada menit 31. Eksekusi Lorenzo Insigne bersarang dengan mulus di gawang Wojciech Szczesny. Itu merupakan gol ke-100 sang kapten selama berkostum Napoli.

Baca juga: Napoli vs Juventus, Lorenzo Insigne Persembahkan Gol Spesial untuk Istrinya

Hadiah penalti diberikan wasit Daniele Doveri usai Giorgio Chiellini melanggar Amir Rrahmani. Wasit sebetulnya tidak melihat insiden itu, tetapi kemudian mengoreksi putusannya setelah melihat VAR.

Lorenzo Insigne cetak gol dari titik putih (Foto: Reuters/Ciro De Luca)

Keputusan memberi hadiah penalti untuk Napoli itu disesalkan Andrea Pirlo. Walau terlihat jelas tangan Giorgio Chiellini menampar Amir Rrahmani, insiden tersebut dinilai biasa terjadi saat situasi bola mati.

Baca juga: Napoli Bikin Juventus Bertekuk Lutut di Stadion Diego Maradona

“Kami kalah karena insiden yang meragukan. Kalau Anda memberi penalti untuk itu, maka semua kontak yang ada harus dihukum dengan tendangan penalti,” sungut Andrea Pirlo, sebagaimana dimuat Football Italia, Minggu (14/2/2021).

“Jika penalti itu diberikan kepada kami, maka akan ada kontroversi yang beredar di luar, lalu keluhan serta asumsi mengenai hadiah penalti itu ke Juventus,” sergah pelatih berkebangsaan Italia tersebut.

Andrea Pirlo semakin kesal karena Napoli seharusnya bermain dengan 10 orang. Sejumlah pelanggaran keras yang dilakukan Giovanni Di Lorenzo, dinilai wasit tidak perlu dihadiahi kartu kuning kedua. Pria berusia 41 tahun itu kemudian melontarkan komentar lebih sinis.

“Saya hanya mengatakan beberapa insiden dinilai seperti itu hari ini. Itu adalah penalti yang meragukan, begitu juga mengapa Giovanni Di Lorenzo tidak diberikan kartu kuning kedua,” lanjut Andrea Pirlo.

Cristiano Ronaldo gagal bobol gawang Alex Meret (Foto: Reuters/Ciro De Luca)

“Beberapa insiden diperlakukan berbeda ketika melawan Juventus karena semua orang berbicara tentang kami,” tukas pelatih kelahiran Flero itu dengan nada sinis.

Yang pasti, kekalahan itu membuat langkah Juventus tersendat. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan terpaku di urutan tiga dengan nilai 42 dari 21 pertandingan yang sudah dilakoni. Sedangkan Napoli berhasil memperkecil defisit angka dengan Juventus menjadi dua poin saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini