Liverpool Terpuruk, Gary Neville: Wajar, Usai Ngegas Tiga Musim Terakhir

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 45 2359541 liverpool-terpuruk-gary-neville-wajar-usai-ngegas-tiga-musim-terakhir-sI64IkVYlc.jpg Mohamed Salah (Foto: Reuters)

LIVERPOOL – Legenda Manchester United, Gary Neville, tidak kaget dengan keterpurukan Liverpool pada musim 2020-2021. Menurut Gary Neville, performa Liverpool wajar menurun setelah tiga musim terakhir tampil luar biasa.

Liverpool tampil luar biasa sejak musim 2017-2018. The Reds -julukan Liverpool- mampu mencapai final Liga Champions, tetapi gagal menjadi juara setelah kalah 1-3 dari Real Madrid di partai puncak. Kegagalan itu membuat Liverpool nihil trofi pada musim tersebut.

Jordan Henderson (Foto: Reuters)

Meski begitu, kegemilangan Liverpool berlajut ke musim 2018-2019. Liverpool tampil konsisten, baik di Liga Inggris maupun Liga Champions. Liverpool finis kedua di Liga Inggris karena kalah saing dari Manchester City, tetapi pasukan Jurgen Klopp menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di final.

Trofi Liga Champions mengangkat mental Liverpool sehingga Jordan Henderson dan kawan-kawan mampu berjaya juga pada musim 2019-2020. Liverpool mengawali musim itu dengan menjuarai Piala Dunia Klub dan mengakhirinya dengan trofi Liga Inggris.

BACA JUGA: Sujud Syukur, Cara Bintang Liverpool Mo Salah Unjuk Jati Diri sebagai Muslim

Keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Inggris pada musim lalu sangat spesial. Sebab, Liverpool sudah 30 tahun lamanya puasa gelar juara Liga Inggris.

BACA JUGA: Liverpool Tersungkur, Gary Neville pun Iba

Liverpool pun kembali menjadi salah satu klub besar dunia setelah sempat terpuruk beberapa musim sebelumnya. Liverpool total meraih empat trofi bergengsi dalam tiga musim terakhir ini.

Namun, roda kehidupan berputar. Performa Liverpool menurun drastis pada musim ini sehingga pasukan Jurgen Klopp pun penen kritik dari berbagai pihak.

Alisson Becker (Foto: Reuters)

Sebagai legenda dan fans Man United, Neville mungkin senang dengan penurunan performa Liverpool. Akan tetapi, sebagai pengamat sepakbola, Neville menilai tidak ada satu tim pun yang bisa tampil konsisten selama empat musim beruntun. Oleh sebab itu, dia menilai penurunan perform Liverpool itu wajar.

BACA JUGA: Mohamed Salah Buat Skuad Liverpool Frustrasi

"Saya tidak mau mengkritik terlalu keras ketika Man City menurun musim lalu usai tampil luar biasa selama tiga tahun. Saya pun akan berlaku sama dengan Liverpool musim ini karena Anda tidak bisa terus-terusan tampil bagus selama empat tahun. Itu tidak mungkin," ujar Neville, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (10/2/2021).

BACA JUGA: Gaji Selangit, Sadio Mane Ajarkan Arti Rendah Hati

"Pasti akan ada penurunan performa dan kita lihat itu saat ini, sudah pertanda bahaya, dan mereka sedang mengalaminya saat ini. Pemainnya banyak yang cedera setelah empat tahun (2017-2020) tancap gas dan ini musim yang aneh memang untuk mereka,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini