Liverpool Ketergantungan Mohamed Salah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 45 2356196 liverpool-ketergantungan-mohamed-salah-Ql6u1k93yH.jpg Mohamed Salah. (Foto/Reuters)

LIVERPOOL Liverpool dianggap telah ketergantungan Mohamed Salah. Hal itu disampaikan eks strikernya, Peter Crouch stelah mantan timnya tersebut mengalami kekalahan saat menjamu Brighton and Hove Albion di pekan ke-22 Liga Inggris 2020-2021. Bertanding di Stadion Anfield, Kamis (4/2/2021) dini hari WIB, skuad Jurgen Klopp kalah tipis dari tamunya dengan skor 1-0.

The Reds—julukan Liverpool—bermain tanpa diperkuat salah satu penyerang andalannya, Sadio Mane. Pemain asal Senegal itu mengalami cedera, yang juga absen pada laga sebelumnya melawan Tottenham Hotspur.

Foto/Reuters

Absennya Mane membuat, Jurgen Klopp memasang Xherdan Shaqiri di lini kiri penyerangan sementara, Roberto Firmino dan Mohamed Salah tetap dalam posisi andalannya.

Baca juga: Tumbang Lagi di Anfield, Liverpool Alami Kelelahan Mental

Baca juga: Liverpool Pantas Kalah dari Brighton & Hove Albion

Hanya saja, lini depan Liverpool mengalami kesulitan saat melakukan serangan. Tercatat pada babak pertama, pasukan Klopp tak berhasil melakukan tembakan ke gawang tim tamu.

Permainan Liverpool yang tak kreatif berlanjut di babak kedua. Mereka sangat kesulitan uintuk mencetak gol meski mendominasi pertandingan.

Performa buruk lini serang juga diikuti dengan lini belakang Liverpool. Hasilnya, mereka kebobolan pada menit ke-56 karena kesalahan bek.

Gol Brighton tercipta dari kegagalan Nathaniel Phillips yang mengantisipasi umpan sundulan Daniel Burn. Akibatnya bola sapuannya malah mengenai Leandro Trossard dan Steven Alzate sebelum bersarang ke gawang timnya sendiri. Skor 1-0 pun bertahan hingga laga usai.

Salah sejauh ini musim ini memang sangat tajam. Dia sudah mencetak 20 gol di semua kompetisi, 15 di antaranya dilesakkan di Liga Inggris dan membuat dia menjadi pencetak gol terbanyak sementara.

Foto/Reuters

Hanya saja, Crouch menilai Liverpool sudah tertalu bergantung pada Mohamed Salah. Dia menyarankan, Firmino untuk bergerak maju dan jangan terlalu sering bermain terlalu ke dalam.

"Ada ketergantungan yang berlebihan pada Salah, Firmino harus maju. Rasanya dia bergerak terlalu ke dalamnya," kata Crouch mengutip Metro.

“Salah adalah pemain yang mencetak gol, dia mencetak 20 gol. Dia pemain kelas atas tapi dengan hilangnya Mane, (Diogo) Jota juga (performa Salah menjadi berkurang. Sungguh memalukan ketika Jota cedera karena dia (Firmino) harus mencetak gol.”

“Ketika Salah tidak ada atau dia melewatkan peluang, saya rasa tim kurang mencetak gol saat Mane absen dan Jota tidak berada di tim," tambahnya.

Gol tunggal tersebut cukup membuat Brighton memenangi laga dan membuat Liverpool menjauh dari gelar juara. The Reds kini masih berada di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan meraih 40 poin tertinggal 7 angka dari Manchester City, sang pemuncak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini