Share

Ini Penyebab Liverpool Dapat Ben Davies dengan Harga Murah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 51 2354633 ini-penyebab-liverpool-dapat-ben-davies-dengan-harga-murah-ypuT2VZ1JG.JPG Ben Davies. (Foto/Instagram Ben Davies)

LIVERPOOL - Liverpool secara resmi mendatangkan Ben Davies dari Preston North End di bursa transfer musim dingin 2021. Dalam klausus kontrak dilaporkan ada sejumlah poin yang menyebabkan Liverpool mendapatkan Ben Davies dengan harga murah.

Belum ada pernyataan resmi dari Liverpool ataupun Ben Davies terkait kepindahan tersebut. Namun, jurnalis spesial transfer pesepakbola, Fabrizio Romano, menjelaskan bahwa Davies datang ke Liverpool dengan nilai transfer 4 juta euro atau setara Rp68 miliar.

Baca juga: Cetak Dua Gol, Mohamed Salah Ejek Roberto Firmino dan Sadio Mane

“Ben Davies bergabung dengan Liverpool dari Preston dengan kesepakatan permanen seharga 4 juta euro,” tulisnya di Instagram.

“Direksi Liverpool selalu mengatakan bahwa mereka tidak akan menandatangani pemain mana pun, tetapi setelah cedera (Joel) Matip, membuat mereka mengubah rencana dan menandatangani bek tengah,” tambahnya.

Foto/Reuters

Secara sepintas sepertinya ini bisnis sangat buruk bagi Preston. Akan tetapi, menurut laporan The Athletic ada dua alasan mengapa Liverpool berhasil menggaet Davies dengan harga murah.

Baca juga: Cakap Jadi Bek Tengah, Jordan Henderson Dapat Peringatan dari James Milner

Pertama, Liverpool membutuhkan jasa Davies dan sang pemain juga tertarik bermain di bawah asuhan Jurgen Klopp. Selain Liverpool, Celtic juga dikabarkan tertarik mendatangkan Davies dan mereka dilaporkan kecewa karena gagal mendapatkannya.

Alasan kedua adalah bahwa klausul penjualan 20 persen akan dimasukkan dalam kesepakatan. Itu berarti, setiap kali Liverpool menjual bek, Preston berhak mendapatkan 20 persen dari biaya transfer tersebut. Hanya saja tidak disebutkan sampai kapan Preston akan mendapatkan keuntungan dari penjualan bek Liverpool.

Sistem ini agak riskan. Pasalnya, Preston mungkin tidak akan mendapatkan keuntungan selama enam hingga tujuh tahun mendatang.

Foto/Instagram

Tetapi jika keberuntungan ada di pihak mereka, Preston akan mendapat keuntungan karena bek yang pernah bermain bersama Liverpool harganya akan meningkat.

Selain membayar 4 juta euro, Preston meminta pertukaran pemain terkait transfer Ben Davies. Preston ingin Sepp van den Berg bermain bersama mereka dengan status pemain pinjaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini