Menang 2-1 atas Athletic Bilbao, Barcelona Geser Real Madrid di Klasemen

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 46 2354123 menang-2-1-atas-athletic-bilbao-barcelona-geser-real-madrid-di-klasemen-zzdhagsH0R.JPG Barcelona menang 2-1 atas Athletic Bilbao. (Foto: Reuters)

BARCELONA Barcelona sukses membawa pulang tiga poin usai mengalahkan Athletic Bilbao 2-1 di laga lanjutan Liga Spanyol 2020-2021 pada Senin (1/2/2021) dini hari WIB. Dua gol Barcelona itu pun disumbangkan oleh Lionel Messi dan Antoine Griezmann.

Kemenangan atas Bilbao jelas menjadi sangat penting untuk Barcelona. Sebab setelah sekian lama, akhirnya kini Barcelona kembali menempati peringkat kedua di klasemen sementara Liga Spanyol 2020-2021.

Berkat tiga poin dari Bilbao, Barcelona sukses menggusur Real Madrid yang sudah cukup lama mendiami peringkat kedua tersebut. Meski unggul dari Madrid, namun sebenarnya perolehan poin Barcelona dengan El Real sama-sama 20 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Keunggulan Barcelona sudah terjadi ketika laga baru berjalan 20 menit. Semua itu bermula dari pelanggaran yang dilakukan Unai Vencedor di dekat kotak penalti Bilbao, yang mana memberikan Barcelona tendangan bebas.

Aksi Lionel Messi saat bela Barcelona

Messi yang dipercaya mengeksekusi tendangan bebas itu pun tak disangka mampu memasukkan bola tepat ke gawang Bilbao. Gol indah Messi itulah yang pada akhirnya membuat Barcelona unggul sejak di menit 20.

Beberapa kesempatan pun kembali dapat diciptakan Barcelona. Tak hanya dari Messi, aksi Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann beberapa kali membahayakan lini pertahanan Bilbao.

Sayang, buruknya penyelesaian akhir membuat Barcelona gagal menambahkan keunggulan mereka di laga tersebut. Skor 1-0 pun akhirnya menjadi hasil dari akhir babak pertama di Stadion Camp Nou tersebut.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung kecolongan gol gara-gara aksi gol bunuh diri yang dilakukan Jordi Alba. Kejadian itu terjadi di menit 49 dan sebenarnya Alba berniat untuk membuang bola, namun nyatanya bola justru masuk ke gawang sendiri.

Usai berhasil disamai Bilbao, Barcelona semakin gencar melakukan serangan. Peluang demi peluang pun akhirnya tercipta tapi masih tak ada yang berhasil memasukkan bola ke gawang Bilbao.

Gol yang ditunggu pun baru terjadi di menit 74 melalui tendangan Antoine Griezmann. Griezmann berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mampu meneruskan umpan dari Oscar Mingueza.

Barcelona vs Athletic Bilbao

Ketika skor sudah menjadi 2-1, Barcelona masih terus menyerang. Ada satu kesempatan emas yang dimiliki Messi, namun kiper Bilbao, Unai Simon mampu mengatasinya dengan baik.

Tak lama laga pun berakhir. Barcelona memastikan diri keluar sebagai pemenang setelah berhasil menumbangkan tim tamu 2-1.

Berikut Susunan Pemain:

Barcelona XI (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Ronald Araujo, Oscar Mingueza; Pedri, Frenkie de Jong, Miralem Pjanic; Antoine Griezmann, Lionel Messi (c), Ousmane Dembele.

Barcelona SUBS: Trincao, Ilaix Moriba, Neto, Matheus Fernandes, Junior Firpo, Konrad De la Fuente, Arnau Tenas, Sergi Roberto, Martin Braithwaite, Riqui Puig, Clement Lenglet.

Athletic Bibalo XI (4-4-2): Unai Simon; Ander Capa, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Yuri; Oscar De Marcos, Dani Garcia, Unai Vencedor, Iker Muniain (c); Raul Garcia, Inaki Williams.

Athletic Bilbao SUBS: Oihan Sancet, Alex Berenguer, Jokin Ezkieta, Inigo Cordoba, Unai Nunez, Ibai Gomez, Mikel Vesga, Inigo Lekue, Asier Villalibre, Unai Lopez, Jon Morcillo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini