Jadi Pelatih Chelsea, Ini Formasi dan Pemain yang Dipilih Thomas Tuchel

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 45 2350818 jadi-pelatih-chelsea-ini-formasi-dan-pemain-yang-dipilih-thomas-tuchel-D9jjJ9989w.jpg Thomas Tuchel (kiri) segera diresmikan menjadi pelatih Chelsea. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)

LONDON – Chelsea resmi memecat Frank Lampard pada Senin 25 Januari 2021 malam WIB. Meski belum mengumumkan siapa pengganti Lampard, namun pelatih asal Jerman Thomas Tuchel digadang-gadang akan menjadi pelatih The Blues selanjutnya.

“Thomas Tuchel adalah pelatih Chelsea yang baru setelah Lampard dipecat, sudah dikonfirmasi. Pengumuman dilakukan dalam waktu dekat. Kesepakatan telah tercapai,” kata jurnalis olahraga Italia, Fabrizio Romano, di akun Twitter-nya, Selasa (26/1/2021).

Thomas Tuchel

(Thomas Tuchel pelatih Chelsea pengganti Lampard)

Kemungkinan besar, pelatih 48 tahun itu akan diperkenalkan sebagai pelatih Chelsea hari ini. Lantas, formasi apa yang digunakan Thomas Tuchel bersama Chelsea nantinya?

Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain (PSG) merupakan dua klub terakhir yang ditangani Thomas Tuchel. Bersama dua klub itu, Thomas Tuchel doyan mengandalkan formasi 4-3-3.

Untungnya, pemain-pemain Chelsea takkan kagok dengan pola 4-3-3. Sebab,pola 4-3-3 juga digunakan Frank Lampard semenjak menangani The Blues musim lalu.

BACA JUGA: Thomas Tuchel, Orang Jerman Pertama yang Latih Chelsea

Hanya saja, pola 4-3-3 dapat berubah menjadi 4-2-3-1. Dengan menggunakan pola 4-2-3-1, Thomas Tuchel dapat mengandalkan Kai Havertz, pemain termahal dalam sejarah Chelsea.

Nantinya di posisi penjaga gawang akan dikawal Edouard Mendy. Kemudian, empat bek sejajar diisi Reece James, Antonio Rudiger, Thiago Silva dan Ben Chilwell.

Kai Havertz

(Kai Havertz belum menampilkan performa terbaik)

Untuk gelandang double pivot, dapat ditempati Mason Mount dan Mateo Kovacic. Selanjutnya, Christian Pulisic akan beroperasi sebagai winger kiri dan Hakim Ziyech beroperasi di sisi sebelahnya.

Kemudian, Kai Havertz bertugas sebagai second striker, mendukung penyerang tunggal Timo Werner. Menurut Fabrizio Romano, alasan Chelsea menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih demi menemukan performa terbaik Timo Werner dan Kai Havertz.

Werner dan Havertz yang berpaspor Jerman –sama seperti Tuchel– belum tampil maksimal, semenjak didatangkan Chelsea pada musim panas 2020. Terbaru, Werner gagal mengeksekusi penalti saat Chelsea menang 3-1 atas Luton Town di babak keempat Piala FA 2020-2021, Minggu 24 Januari 2021 malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini