3 Pola Penyerangan dalam Sepakbola

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 51 2347168 3-pola-penyerangan-dalam-sepakbola-Y59R26PK3I.jpg Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. (Foto: Reuters)

TIGA pola penyerangan dalam sepakbola penting untuk diketahui orang-orang yang ingin menggeluti lebih lanjut bidang olahraga ini. Sebab, pola penyerangan dalam sepakbola penting untuk bisa membawa tim meraih kemenangan.

Dengan pola penyerangan, setiap pemain bisa mencetak gol ke gawang lawan dan membawa timnya meriah kemenangan. Setidaknya, ada tiga pola penyerangan dalam sepakbola yang perlu diketahui.

Pola penyerangan pertama yang perlu dipahami dengan baik adalah formasi. Setiap tim punya formasi andalannya masing-masing. Terkait formasi ini, pelatih biasanya akan menentukan bakal memasang berapa pemain di lini depan sebagai pola penyerangan.

Cristiano Ronaldo

Dengan striker tunggal, ada beberapa formasi yang bisa diterapkan. Beberapa di antaranya adalah 4-5-1, 5-4-1, 4-4-1-1, atau 4-2-3-1. Selain menerakan satu striker, pelatih juga sering memasang dua pemain penyerangnya.

BACA JUGA: Sejumlah Mukjizat di Sepakbola, Mulai dari Epic Comeback hingga Sembuh dari Penyakit

Dengan formasi ini, tim bisa menerapkan beberapa formasi di antaranya 5-3-2, 4-4-2, atau 3-4-1-2. Formasi selanjutnya juga bisa menerapkan tiga penyerang sekaligus. Dalam pola ini, formasi yang bisa dipakai adalah 4-3-3 dan 3-4-3.

Selain formasi, faktor kedua yang perlu dipahami dalam pola penyerangan di sepakbola adalah cara menyerang. Pelatih biasanya akan menentukan cara serta arah untuk mencetak gol.

Pemain bisanya akan diberi arahan untuk mengandalkan umpan pendek cepat, umpan lambung, penetrasi ke kotak penalti, hingga mengandalkan umpan silang dari sayap. Masih ada banyak lagi cara menyerang yang biasa digunakan sebuah tim dalam menyerang.

Ketiga atau yang terakhir dalam pola penyerangan di sepakbola adalah komposisi. Dalam faktor ini, pelatih akan menentukan apakah komposisi pemain yang bakal dipakai untuk mencetak gol.

Lionel Messi

Pelatih akan menentukan jenis penyerang serbabisa, penyerang sayap, atau penyerang lengkap yang akan digunakan dalam menyerang pertahanan lawan. Postur dan skill tipe penyerang juga menentukan.

Biasanya pelatih akan melihat pemain berpostur seperti apa yang akan diandalkan untuk menyerang. Kemungkinan, pilihan akan jatuh kepada pemain yang berpostur jangkung dan unggul dalam bola atas, atau postur pendek tetapi gesit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini