Pertama Kalinya Man United Puncaki Klasemen Sejak Ditinggal Sir Alex Ferguson

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 45 2343459 pertama-kalinya-man-united-puncaki-klasemen-sejak-ditinggal-sir-alex-ferguson-tlMdYnZxJk.jpg Burnley vs Man United (Foto: Reuters)

BURNLEY Manchester United meraih kemenangan dengan skor 1-0 saat bertandang ke markas Burnley dalam lanjutan Liga Inggris 2020-2021. Meski hanya menang dengan skor tipis, namun itu sudah cukup mengantarkan Setan Merah ke puncak klasemen sementara.

Man United saat ini mengoleksi 36 poin dari 17 kali bertanding. Bruno Fernandes dan kawan-kawan unggul tiga angka atas juara bertahan, Liverpool, yang menempati posisi kedua.

Sebagai informasi, ini adalah pertama kalinya bagi Man United memuncaki klasemen Liga Inggris usai melakoni minimal 17 pertandingan, sejak ditinggal Sir Alex Ferguson. Terakhir kali mereka ada di puncak adalah pada pengujung musim 2012-2013 saat Ferguson membawa Setan Merah juara.

Baca juga: Sudahi Paceklik Gol, Timo Werner Dipuji Legenda Chelsea

Man United juara Liga Inggris

Sejak saat itu, Man United selalu kesulitan untuk bersaing di papan atas. Pergantian manajer dari Ferguson ke David Moyes nyatanya tak mampu membuat Man United tetap mempertahankan masa kejayaan mereka.

Begitu pun saat Man United diasuh oleh Louis van Gaal sejak musim panas 2014. Selama dua musim menangani Setan Merah, mereka gagal bersaing dalam memperebutkan gelar juara.

Di musim pertamanya (2014-2015), Van Gaal hanya bisa mengantarkan Man United finis di posisi keempat klasemen akhir Liga Inggris. Sedangkan pada musim berikutnya (2015-2016), Setan Merah justru gagal bermain di Liga Champions lantaran hanya finis kelima di klasemen akhir.

Prestasi terbaik yang diperoleh Man United sejak ditinggal Ferguson bisa dibilang saat mereka ditangani Jose Mourinho. Pada musim pertamanya, Mourinho membuat Man United menjadi juara Liga Eropa 2016-2017.

Sementara itu, pada musim kedua The Special One menangani tim, Man United tampil sebagai runner-up Liga Inggris. Ini merupakan posisi finis terbaik yang diperoleh Setan Merah sejak kepergian Ferguson.

Burnley vs Man United

Kini Man United ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Meski pada awal musim laju Setan Merah nampak tidak meyakinkan dengan menelan kekalahan sebanyak dua kali di kandang sendiri (Old Trafford), namun kini mereka justru tampil konsisten.

Tercatat, dalam 11 pertandingan terakhir di pentas Liga Inggris, Man United tidak terkalahkan. Lebih hebat lagi, sebanyak sembilan pertandingan di antaranya berhasil mereka menangkan. Tak mengherankan jika saat ini Setan Merah bercokol di puncak klasemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini